Solusi Pakan Ternak Kambing yang paling Praktis untuk Penggemukan

Solusi Pakan Ternak Kambing yang paling Praktis untuk Penggemukan

Solusi pakan ternak kambing dengan memilih pakan ternak instan akan sangat membantu peternak karena sangat praktis dengan nutrisi lengkap, sangat ekonomis, efisien tidak perlu pakan yang lain lagi.

 

solusi pakan ternak kambing

Saat ini bisnis yang bergerak dalam komoditas pangan sangat menjanjikan sekali terutama untuk kebutuhan daging. Konsumsi masyarakat yang tinggi serta jumlah penduduk yang banyak sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut Indonesia masih mengimpor daging. Hal ini menjadi peluang besar bagi para peternak untuk dapat mengelola dengan baik ternaknya untuk dapat mencukupi konsumsi masyarakat yang tinggi.

Peternak tidak perlu mancari rumput / ngarit setiap hari untuk dapat memenuhi kebutuhan pakan ternak kambing. Mayoritas peternak kambing tidak menghitung ongkos upah dirinya sendiri pada saat mereka harus melungkan waktu untuk mencari pakan kambing seperti : rumput, daun hijau – hijauan, jerami dll dapat diatasi dengan pakan ternak instan.

Dari stok pangan kambing yang melimpah tadi peternak dapat melakukan hal produktif yang lain. Sebenarnya harapan kami dengan memberikan ilmu serta wawasan baru mengenai ilmu peternakan kepada para peternak tradisional untuk meningkatkan hasilnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan daging di Indonesia dan tidak perlu mengimpor daging lagi.

Seiring dengan perkembangan dunia peternakan yang semakin terbuka lebar. Para praktisi peternakan banyak yang melakukan inovasi dalam pembuatan pakan ternak. Mereka melakukan uji coba dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pakan ternak. Salah satunaya adalah dengan pembuatan pakan ternak dengan metode fermentasi.

Yang dimaksud fermentasi pakan adalah proses amoniasi, dalan bahasa sehari-hari adalah proses peragian atau pemeranan. Pakan Fermentasi ini cocok digunakan untuk ternak ruminansia (sapi ,kerbau ,kambing, kuda, unta). Tujuan utama dari fermentasi ini adalah untuk memaksimumkan pengawetan kandungan nutrisi yang terdapat pada hijauan atau bahan pakan ternak lainnya ,agar bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama. Pakan fermentasi ini bisa menjadi solusi pakan trenak kambing pada musim kemarau.

Adapun manfaat pakan ternak yang di fermentasi :

  1. Pakan fermentasi dapat disimpan sesuai kebutuhan
  2. Dapat meningkatkan nafsu makan sehingga mempercepat pertumbuhan ternak
  3. Kualitas daging hewan terutama kambing rendah kolesterol dan tidak “prengus”
  4. Kotoran hewan tidak menimbulkan bau/amoniak
  5. Kotoran/limbah hewan berkualitas untuk dimanfaatkan menjadi pupuk

Saat ini sudah ada beberapa temuan teknologi pembuatan pakan terbaru salah satunya adalah pakan ternak instan. Pakan ini adalah pakan yang tergolong complete feed yaitu seluruh unsur yang dibutuhkan dalam penggemukan  dan pertumbuhan ternak terdapat dalam satu pakan.

Pakanternakinstan.com merupakan sebuah situs online yang muncul karena rasa sedih disebabkan susahnya mencari pakan. Pakan ternak instan yang dikelola oleh produsen pakan untuk memberikan informasi terkait dengan pakan alternatif untuk ternak ruminansia seperti : kambing, domba, sapi, dll.

Solusi pakan ternak kambing ini kami lakukan karena rasa prihatin dalam mencari pakan ternak yang sangat tergantung dengan alam untuk dapat memenuhi jumlah pakan untuk ternaknya yang apabila beli juga harganya cukup mahal.

Ada 6 alasan kenapa memilih pakan ternak instan  sebagai solusi pakan ternak kambing diantaranya adalah sebagi berikut :

  1. Penambahan berat / bobot badan ( PBB ) sebesar 130 gr / hari. Karena terbukti pakan instan ternak mampu menaikan bobot badan ternak kambing per hari.
  2. Umur masa simpan lebih panjang. Pakan dapat disimpan selama 1 tahun dan memudahkan peternak untuk mengatur stok pakan.
  3. Mudah digunakan karena berbentuk seperti granul sehingga peternak tidak mengalami kesulitan dalam pemberian pakan ternak karena lebih mudah untuk ditakar, tanpa tambahan pakan lagi.
  4. Hemat pekerja dikarenakan 1 orang dapat manangani lebih dari 150 ekor kambing / domba.
  5. Kualitas dijamin karena sudah teruji secara klinis di Laboratorium Institut Pertanian Bogor sehingga kualitas pakan ternak instan dapat terkontrol dan berstandar. Hal ini memberikan kepastian kepada peternak mengenai komposisi pemberian pakan, sehingga peternak tidak binggung dengan komposisi yang berbeda- beda.
  6. Masa panan lebih cepat, karena masa penggemukan dengan waktu 90 hari, terbukti instan dapat meningkatkan bobot secara signifikan sehingga masa panen lebih cepat.

Solusi pakan ternak kambing bagi para peternak sangat penting untuk mendapatkan hasil ternak yang sehat dan gemuk sehingga harga jualnya semakin mahal. Semua usaha disertai doa dan ketekunan akan memungkinkan peternakan akan berhasil. Info mengenai produk pakan ternak dapat menghubungi kami melalui sms / tlp / whatsapp ke  nomor 082134440557 .

Baca juga: