Rahasia Membuat Pakan Fermentasi Jerami Kering

Fermentasi jerami kering adalah salah satu cara yang dilakukan peternak untuk membuat pakan. Jerami sendiri adalah limbah tanaman dari pertanian yang sudah sangat potensial untuk dijadikan pakan hijauan. Jerami bisa dimanfaatkan untuk pakan alternatif sebagai hijauan tunggal. Kandungan yang terdapat dalam jerami mengandung sedikit protein, pati, lemak, dan juga serat kasar yang relatif tinggi.

fermentasi jerami kering

Terjun ke bisnis peternakan tujuannya untuk mendapatkan kualitas daging yang baik, sehingga dengan kondisi yang daging sapi yang gemuk juga akan meningkatkan nilai penjualan terhadap daging itu sendiri. Pada umumnya masalah kadang sering terjadi baik mengenai ketersediaan hijauan  maupun konsentrat. Produksi hijauan lebih terbatas karena pertambahan penduduk, perluasan lahan utnuk produksi pangan dll.

Solusi untuk masalah penyediaan pakan sebaiknya dengan pemanfaatan limbah pertanian yang dilakukan secara maksimal. Jerami sebaiknya diberi perlakukan secara biologis dengan menggunakan bahan probiotik. Probiotik banyak kandungannya yang dapat memfermentasikan jerami untuk meningkatkan nilai kecerahannya dan juga kualitasnya.

Pakan ternak sumber serat yang berbahan dasar jerami yang difermentasikan akan memberikan manfaat ganda untuk industri pakan berserat untuk jenis ternak ruminansia. Selain itu juga ada nilai tambah untuk para petani padi. Potensi jerami yang dihasilkan bisa mencapai 12 – 15 ton dalam satu kali panen. Bisa juga sekitar 4 – 5 ton jerami kering berdasarkan lokasi dan jenis tanaman yang dipakai.

Jerami mempunyai mutu yang rendah biasanya diberikan pada ternak sapi, kambing, domba. Untuk meningkatkan mutu jerami yang akan difermentasikan dengan diberi campuran Suplemen Organik Cair ( SOC ). SOC merupakan campuran dari berbagai mikroorganisme yang bermanfaat untuk mempercepat proses pemecahan pada serat jerami hingga mudah dicerna oleh ternak.

baca juga:

Fermentasi jerami kering bisa meningkatkan nilai nutrisi yang ada pada jerami padi. Selain itu juga masa penyimpanan bahan pakan yang bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Komponen pada serat yang ada pada jerami padi juga mudah mengalami degradasi didalam rumen. Hal ini akan memberikan energi dalam bentuk asam lemak yang mudah terbang pada ternak.

Pemberian pakan melalui cara fermentasi dengan pemberian pakan konsentrat yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas ternak. Ternak akan tumbuh dengan sehat dan gemuk apabila seluruh kebutuhan dapat dipenuhi dengan baik.

Proses fermentasi dengan menggunakan SOC bisa untuk semua limbah yang bisa dijadikan sebagai makan utama untuk ternak. Kelebihan dari SOC antara lain :

  1. Menambah nafsu makan ternak
  2. Bisa meningkatkan kualitas dan juga kuantitas pada ternak yang sedang memproduksi susu
  3. Akan memperbaiki sistem pencernaan ternak
  4. Meningkatkan bobot ternak secara cepat, sehingga ternak akan gemuk dan juga sehat.
  5. Bisa menurunkan kadar kolesterol pada ternak
  6. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh ternak
  7. Mengurangi bau pada kotoran dari hewan ternak

Rahasia Membuat Pakan Fermentasi Jerami Kering

Jerami mudah didapatkan dan cukup banyak dibandingkan dengan limbah pertanian lainnya. Mudah diperoleh untuk dijadikan pakan ternak, juga sebagian bisa dimanfaatkan untuk kompos. Ternak sapi maupun kambing yang mengkonsumsi jerami padi, akan menghasilkan pupuk kandang. Apabila dikelola dengan baik akan menjadi pupuk organik yang bermanfaat untuk tanaman.

Fermentasi jerami kering untuk penyediaan pakan akan memerlukan pengolahan limbah pertanian yang relatif mudah dan juga sederhana. Semua itu mempunyai maksud untuk mendukung adanya ketersediaan pakan sepanjang tahun. Membuat para peternak tidak risau lagi memikirkan pakan yang akan diberikan kepada binatang ternak yang dipeliharanya.

Fermentasi jerami kering merupakan cara pemenuhan pakan yang sering dilakukan oleh para peternak. Ketika musim panen padi maka hasil sampingannya yaitu jerami sangat melimpa ruah. Biasanya peternakan memanfaatkan utk bahan pakan. Agar jerami ini bisa dimanfaat dalam jangka yang panjang biasanya para peternak mengeringkan terlebih dahulu baru disimpan untuk stok bahan pakan. Adapula diproses dengan cara fermentasi.

Biasanya peternak memberikan pakan berdasarkan pengalaman pengalam para peternak disekitarnya. Para peternak melupakan komposisi nutris yang dibutuhkan oleh peternak, akibatnya hasil peternakan hasilnya tidak begitu bagus ya begitu saja. Bahkan paradigma para peternak  adalah untuk tabungan saja dan cara merawatnya seadanya saja sehingga hasil akhirnya tidak terlalu baik dan keutungannya tidak terlalu baik.

Keberhasilan dari usaha peternakan terletak pada pakannya, jika ternak diberikan pakan yang nutrisinya lengkap maka hasil pertumbuhan dan penambahan bobot badan akan cepat naik, sehingga peternak bisa menghemat waktu untuk penggemukan dan akhirnya kebutuhan pakan lebih bisa dihemat. Nah ini adalah dambaan para peternak untuk memiliki ternak yang sehat dan gemuk dalam jangka waktu yang pendek.

Berbicara pakan yang baik sebaiknya mencoba pakan ternak instan. Pakan ini dibuat berdasarkan penelitian oleh ahli nutrisi pakan dengan memanfaatkan sumber bahan pakan yang mempunyai kandungan nutrisi yang baik. Pakan ini sudah terbukti mampu meningkatkan bobot ternak dengan lebih cepat dibandingkan dengan pakan lainnya, sehingga dapat menghemat waktu dan kebutuhan pakan. Dan hasil penambahan bobot ternak juga lebih cepat.

Untuk mendapatkan informasi tentang pakan ini bisa menghubungi di nomor 0821-3444-0557