Produsen Pakan Ternak Komplit untuk Kambing dan Sapi

Produsen Pakan Ternak Komplit untuk Kambing dan Sapi.   Pakanternakinstan.com. Produsen pakan ternak komplit untuk kambing dan sapi termasuk salah satu faktor penting untuk perkembangbiakan, karena tanpa adanya pakan ternak yang komplit untuk menjaga asupan gizi dan nutrisi dalam tubuhnya, maka tidak akan dapat berkembangbiak dengan baik.

Produsen pakan ternak komplit untuk kambing dan sapi

Ketersediaan bahan pakan ternak kontinu adalah salah satu faktor penting dalam suatu bidang peternakan. Apabila saat musin kemarau tiba para peternak tradisional sering mengeluhkan kuranganya pakan ternak hijauan.

Menghadapi masalah kesulitan dikala musim kemarau, maka banyak para peternak memanfaatkan pakan alternatif untuk membuat pakan ternak komplit sendiri.

Adapun beberapa cara mereka meproduksi pakan ternak komplit secara tradisional :

  1. Dengan melakukan fermentasi jerami dengan menggunakan sistem silo
  2. Fermentasi jerami sistem terbuka
  3. Dengan melakukan produksi pakan komplit dengan hijauan

Selain dengan menggunakan sistem penerapan fermentasi bahan utama pakan hijauan, sekarang sudah berkembang pembuatan pakan komplit untuk kambing dan sapi. Ada beberapa bahan pakan yang bisa digunakan sebagai sumber pakan ternak komplit kambing dan sapi, diantaranya adalah :

  1. Jerami padi
  2. Tongkol jagung
  3. Tebon jagung (Batang jagung)
  4. Jerami kacang tanah
  5. Kulit buah
  6. Bungkil kelapadan ampasnya

Banyak peternakan kambing dan sapi yang menggunakan dan menerapkan teknologi pakan komplit secara fermentasi. Pembuatan pakan komplit fermentasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai dengan 7 hari.

baca juga:

Pakan komplit tidak hanya dengan menggunakan bahan hijauan saja melainkan bisa menggunakan dengan tepung ikan. Perpaduan antara hijauan dengan konsentrat sebagai asupan serat, asupan energi, protein serta karbohidrat adalah salah satu unsur pendukung untuk tumbuh kembang kambing dan sapi.

Produsen pakan ternak komplit untuk kambing dan sapi mempunyai jumlah yang cukup besar untuk dikembangkan, karena tersediannya jumlah produksen yang memproduksi secara berkelanjutan. Pakan komplit yang sekarang sedang di geluti oleh masyarakat sangat bermacam-macam dengan varian dan komposisi bahan yang ada di sekitar lingkungan.

Pakan Komplit Sangat Cocok Untuk Penggemukan Kambing, Domba dan Sapi

Akan tetapi, ada yang menggunakan cara alternatif yaitu dengan cara memanfaatkan batang pisang sebagai bahan pakan ternak komplit. Metode alternatif dengan menggunakan batang pohon pisang ini biasa disebut dengan suplemen organik cair. Suplemen organik cair merupakan bahan organik yang terbuat dari bahan herbal sehingga sangat aman digunakan sebagai pakan ternak.

Suplemen ini bisa juga bisa digunakan sebagai pertumbuhan hidup dan sebagai pokok pertumbuhan sebagai kelangsungan hidup berkembang dan tumbuh, sekaligus memperbaiki mikroorganisme tubuh kambing dan sapi untuk meningkatkan pertumbuhan dengan baik.

Ada banyak cara untuk memproduksi pakan ternak komplit kambing dan sapi dengan cara fermentasi :

  1. Dengan cara mengeringkan jerami lalu guyur dengan tetes tebu yang berwarna coklat
  2. Aduk jerami sehingga tercampur semuanya
  3. Siram lagi dengan cairan mikroba/pribiotik yang berwarna kuning kecoklatan
  4. Sesudah rata semuanya, masukka ke plastic ukuran 15 kilogram, setiap lima sentimeter disisipi dengan dedak.
  5. Sebelum kantong plastic ditutup, sedot udara dengan vakum ikat dengan kencang
  6. Masukkan lagi ke kantong plastik yang kedua untuk memastikan taka da bocoran dari plastic yang pertama
  7. Biarkan selama kurang lebih dua hari.

Cara fermentasi ini akan ditandai dengan adanya aroma yang harum dan tekstur berubah atau masih seperti semula serta tidak berjamur.

Produsen pakan ternak komplit untuk kambing dan sapi sangat relatif mudah untuk dilakukan sendiri di rumah, karena semua bahan pakan ternak diambil dari berbagai hijauan dan dengan memanfaatkan limbah pertanian dengan bentuk complete feed yang akan membantu bmemenuhi kebutuhan ternak khususnya kambing dan sapi. Akan tetapi, yang harus diperhatikan dalam pembuatan pakan ternak komplit adalah dengan cara memperhatikan kandungan dari bahan yang akan digunakan serta memiliki nilai ekonomis.

Pakan komplit merupakan jenis pakan  temuan terbaru yang belum banyak diketahui oleh peternak.  Pakan komplit ini mempunyai kelebihan diantaranya nutrisinya lemngkap, komposisi tetap tidak berubah ubah, tahan sampai 1 tahun, dapat meningkatkan bobot ternak 120 g / hari, mudah diberikan, hemat pekerja. Dikarenakan termasuk jenis pakan baru maka belum banyak dipraktekkan oleh peternak, padahal denganpakan ini peternak tidak lagi disibukan dengan mencari pakan dan dimusim kmaraupun tetap bisa memberikan nutris pakan yang terbaik untuk ternak.

 

Produsen pakan ternak komplit untuk kambing dan sapi

Pakan komplit merupakan jenis pakan  temuan terbaru

Pakanternakinstan.com merupakan produsen pakan ternak instan, dengan pakan ini sudah banyak membantu para peternak untuk menggemukan ternak dengan cepat. Dalam waktu 90 hari sudah dapat dipanen sehingga perputaran usaha ternak jadi lebih cepat tentu saja keuntungannya jauh lebih cepat dibandingkan mennggunakan pakan sebelumnya yaitu rumput, dedak, konsentrat dsb.

Untuk mendapatkan keterangan lengkap tentang pakan ternak instan dapat menghubungi nomor 0821-3444-0557 atau mengunjungi laman kami.

Demikian informasi tentang produsen pakan ternak komplit untuk kambing dan sapi semoga membantu dalam perkembangan peternakan para peternak di Indonesia untuk meningkatkan swasembada pangan, khususnya swasembada daging.