Produsen Pakan Ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur

Produsen Pakan Ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur.  Pakanternakinstan.com.   Produsen pakan ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Perkembangan  peternakan khususnya munculnya produsen pakan karena semakin meningkatnya kebutuhan pakan ternak nasional dengan kisaran antara 5 % – 8%  setiap tahunnya.

Beberapa produsen  maupun pabrik pakan  mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat. Berbagai temuan pakan alternatiif  telah  banyak diaplikasikan ke peternakan. Sedangkan di kota Bogor sendiri  perkembangan yang mencolok adalah  banyak warga yang telah memanfaatkan limbah dari pabrik yang dapat digunakan sebagai bahan pakan untuk ternak. Limbah pabrik yang bisa dimanfaatkan biasanya limbah agrobisnis.

 

Produsen pakan ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur

Jika dilihat dari nilai ekonomi, menjadi seorang produsen pakan ternak dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan, karena permintaan daging baik daging sapi, kambing maupun ayam semakin banyak. Dengan kondisi tersebut banyak masyakat yang memulai usaha peternakan baik dalam skala rumahan mauoun memeang sengaja sebagai lahan bisnis. Hewan ternak yang biasa dipelihara diantaranya adalah ayam, bebek, ikan, burung, kucing serta hewan dari golongan ternak ruminansia seperti kambing, domba, sapi dll. Terbukti dengan membuka usaha peternakan terbukti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Limbah dan bahan  pertanian tersebut dimanfaatkan menjadi sumber bahan pakan ternak yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Jika dikaji  dengan detail sumber pakan tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan ternak. Apalagi semakin hari permintaan hasil peternakan semakin meningkat dan tidak ada habisnya. Disinilah ada peluang yang wajib untuk diolah dan dikembangkan.

Untuk menyediakan pakan ternak bisa menghasilkan hasil atau limbah pertanian yang ada disekitar kita. Sumber bahan pakan yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut:

  1. Padi yang dapat dimanfaatkan adalah jerami, bekatul/dedak
  2. Jenis rumput hijauan yang sering digunakan adalah rumput gajah
  3. Singkong yang dapat dimanfaatkan adalah daun dan tepungnya
  4. Jagung bisa dimanfaatkan adalah daun, batang dan tepung jagungnya.
  5. Sawit bisa dimanfaatkan adalah bungkilnya dimana bungkil tersebut adalah sisa dari industry minyak.
  6. Kulit kopi bisa dimanfaatkan sebagai sumber serat.

 

Semakin hari semakin banyak penelitian yang menemukan jenis tanaman atau limbah argo industri yang dapat dijadikan sebagai sumber pakan ternak.

Baca juga:

Perkembangan perekonomian yang semakin meningkat membuat orang-orang dapat memenuhi pangannya termasuk kebutuhan daging sebagai pelengkap kebutuhan pangan bagi semua kalangan bukan hanya kalangan atas saja. Dengan demikian sangat sayang sekali jika kita tidak  bisa  manfaatkan dengan maksimal. Daerah yang banyak penduduk memiliki usaha peternakan adalah  Bogor, Sukabumi, Cianjur maka peluang yang bugus menjadi produsen pakan ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur

Saatnya masyarakat Indonesia bisa memenuhi permintaan pakan dalam negeri karena untuk memenuhi pakan itu sendiri masih mendatangkan dari luar negeri. Saatnya kita berswasembada dalam memenuhi pakan. Dengan demikian Indonesia lama kelamaan akan bisa memenuhi permintaan pangan dalam hal ini permintaan daging.

Saat ini daya beli daging dari masyarakat yang tinggi  sementara kebutuhan pakan yang semakin menipis, telah membuat Indonesia harus  mengimpor kebutuhan dagingnya dari luar negeri. Hal ini menjadi peluang besar bagi para peternak untuk dapat mengelola dengan baik ternaknya karena konsumsi masyarakat juga tinggi.

Produsen pakan ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur selama ini yang telah dilakukan adalah metode konvensional. Metode konvensional ini sudah tidak efektif dan efisien lagi dikarenakan sekarang ini orang akan sangat diburu oleh waktu untuk bisa memanfaatkan  waktu secara efektif. Berhubungan dengan kebutuhan yang semakin berkembang juga terjadi pada usaha peternakan.

Pada dasarnya usaha yang kita lakukan dengan beternak adalah :

  • Mencari pakan, biasanya mencari rumpit, jerami, dauh hijauan, Istilah yag biasa kita dengra adalah mencari pakan dengan cara ngarit
  • Bisa melihara serta menjaga kesehatan ternak juga kebersihan di area kandang.
  • Usaha yang dilakukan agar ternak kambing yang dipelihara menjadi cepat gemuk dan sehat.

Menentukan bahan pakan, cara pemeliharaan, menjaga kesehatan kunci keberhasilan usaha ternak

Tiga poin kegiatan itu yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis peternakan, Seiring dengann perkembangan jaman mulai ada ilmu tentang peternakan modern. Dari tiga poin tersebut diatas kegiaan mencari pakan dapat dihilangkan dalam menjalankan peternakan modern. Dalam peternakan modern tidak perlu lagi mencari pakan kesana kemari, Hasil pencarian pakan tersebut tidak bisa diukur dengan jelas kandungan nutrisinya, maka pelaku usaha peternakan mulai mengubah sumber pakan ternak menjadi pakan yang mudah didapat, tidak perlu repot mencari pakan lagi.

Produsen pakan ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur

Salah satu jenis pakan yang sangat pro dengan peternakan moderan adalah menggunakan pakan ternak instan. Mengapa pakan ini sangat cocok dengan peternakan modern? Karena pakan ini sangat praktis, efisien dapat meningkatkan bobot ternak dengan cepat. Pakan ini sangat mudah diberikan kepada ternak karena bentuknya seperti granul dan tidak perlu tambahan pakan lainnya. Dan hebatnya lagi pakan ini dapat disimpan selama 1 tahun  sehingga dapat disimpan untuk dijadikan sumber pakan ternak.

Dengan terciptanya pakan ternak ini besar harapa kami dapat memberikan solusi untuk perkembangan dan pertumbuhan peternakan di Indonesia. Motivasi kami untuk menyebarkan manfaat kepada para peternak umumnya agar hasil peternakan dapat berkembang dan meningkat setiap tahunnya. Mengingat kebutuhan  terhadap daging sangat besar dan terbuka lebar, hal ini akan berjalan seiring dengan kebutuhan pakan yang semakin meningkat pula.

Produsen pakan ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur dapat menjadi peluang untuk bisnis yang dapat dikembangkan didaerah sekitaran Bogor, Sukabumi  dan Cianjur. Kami sebagai produsen pakan ternak instan ingin sekali memberikan kontribusi untuk perkembangan dunia peternakan agar kita tidak tergantung dengan negara lain dalam memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

Demikian informasi mengenai Produsen pakan ternak di kota Bogor, Sukabumi, Cianjur semoga dapat bermanfaat.

Info tentang produsen pakan ternak instan dapat melalui website kami atau nomor telepon kami di 0821-3444-0557.

Terima kasih semoga bermanfaat untuk kemajuan ternak Indonesia.