Perkiraan Keuntungan dari Ternak Kambing Modal 10 Juta

Perkiraan Keuntungan dari Ternak Kambing Modal 10 Juta. Pakanternakinstan.com. kambing modal 10 juta bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan bermodalkan uang 10 juta, Anda dapat memulai usaha dengan beternak kambing. Jika Anda memanfaatkan modal dengan semaksimal dan sebaik mungkin, Anda akan mendapatkan keuntungan dari aktifitas ternak kambing yang Anda lakukan. Seperti yang Anda ketahui, ternak kambing merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

Dengan banyaknya permintaan daging kambing, Anda nantinya akan memperoleh pendapatan dari kambing-kambing yang Anda jual. Karena itulah, jangan ragu untuk melakukan bisnis ternak kambing hanya dengan bermodalkan uang sebesar 10 juta saja.

ternak kambing modal 10 juta

Jika Anda ingin menghitung jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dari ternak kambing, Anda harus menghitung besar modal yang Anda miliki. Jika Anda memiliki modal sebesar 10 juta, Anda dapat menggunakan uang tersebut sebagai dana awal melakukan usaha ternak kambing. Dari uang 10 juta tersebut, Anda dapat membaginya untuk membeli kebutuhan selama melakukan ternak kambing.

Berikut ini merupakan gambaran keuntungan yang akan Anda peroleh dari usaha ternak kambing modal10 juta:

  1. Analisa modal
  • Anakan kambing berjumlah 15 ekor: Rp. 4.000.000
  • Pembuatan kandang dan keperluan peralatan tambahan: Rp. 3.000.000
  • Pakan kambing selama 9 bulan: 9 x Rp. 1o0.000 = Rp. 900.000
  • Penyediaan konsentrat dan vitamin selama 9 bulan: 9 x Rp. 150.000 = Rp. 1.350.000
  1. Harga penjualan 15 kambing : 15 x Rp. 1.300.000 = Rp. 19.500.000
  2. Jumlah keuntungan yang diperoleh: Rp. 19.500.000 – Rp. 10.000.000 = Rp 9.500.000

Untuk mendapatkan keuntungan ternak kambing modal 10 juta. Anda tentunya harus mengelola usaha ternak kambing dengan baik. Pengelolaan ternak kambing dapat meningkatkan jumlah keuntungan yang akan Anda peroleh nantinya. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan usaha beternak kambing, Anda harus memutuskan untuk  memilih jenis kambing yang akan Anda ternakan. Jika Anda perhatikan dengan baik, ada banyak jenis kambing yang dapat diternakan dan memiliki keunggulannya sendiri. Kambing etawa, kambing jawa dan kambing gibas merupakan beberapa jenis kambing yang dapat Anda ternak. Untuk harga belinya sendiri, harga kambing memiliki harga yang berbeda-beda dan sesuai dengan jenisnya. Bagi seorang pemula, kambing boer merupakan jenis kambing yang paling tepat untuk dipilih. Tidak hanya jenis kambing.

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan ketika beternak kambing demi mendapatkan keuntungan:

  • Pembuatan kandang dan melakukan perawatan kambing secara rutin

Kambing yang diternak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik jika dirawat dengan baik dan memiliki hunian yang nyaman. Kandang kambing sebaiknya dibuat dengan ukuran yang pas dan memungkinkan kambing untuk bergerak dengan leluasa. Kandang juga harus dibersihkan setiap hari sehingga terhindar dari kotoran yang menumpuk dan terhindar dari bau. Jangan lupa untuk membuat ruang udara agar sirkulasi udara di dalam kandang dapat berjalan dengan baik. Kandang kambing juga harus terkena paparan sinar matahari guna terhindar dari jamur dan penyakit.

  • Pemberian pakan

Kambing yang sehat merupakan kambing yang nutrisinya tercukupi dengan baik. Agar kambing tercukupi nutrisinya, pastikan jika kambing yang Anda ternak diberi pakan dua kali dalam sehari. Daun hijau dan rumput menjadi jenis makanan yang dapat Anda berikan pada kambing yang Anda ternakan. Anda dapat pula memberikan ampas tahu sebagai makanan selingan. Guna meningkatkan tumbuh kembang kambing, Anda dapat memberikan tambahan multivitamin sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Baca juga:

Masalah terbesar dalam usaha peternakan adalah bagaimana caranya menggemukan ternak dengan cepat. Jadi pakan adalah masalah utama yang harus disediakan oleh peternak. Pakan yang baik, bernutrisi akan menjadi sumber makanan untuk meningkatkan pertumbuhan ternak. Dengan pakan yang baik maka waktu yang dibutuhkan dalam penggemukan ternak akan menjadi lebih pendek. Jika waktu yang dibutukan untuk menggemukan lebih pendek maka akan cepet mendapatkan keuntungan. Dengan pendeknya masa penggemukan maka biaya operasional pakan dan pemeliharaan dapat dipotong lebih banyak.

 

ternak kambing modal 10 juta
ternak kambing modal 10 juta

Pakan ternak instan bisa menggemukan dalam waktu singkat

Pasti para peternak akan berusaha mencari informasi pakan yang bernutrisi baik sehingga mempercepat masa pertumbuhan ternak. Nah berbicara pakan yang baik ada baiknya diberikan pakan ternak komplit dari pakan ternak instan. Pakan ini sangat direkomendasikan karena komposisi pakannya sudah sangat seimbang. Pakan ini sudah diteliti di laboratorium peternakan oleh ahli nutrisi. Pakan ini sudah mengandung vitamin, mineral, karbohidrate, protein, calsium, premix, serat kasar dan lain sebagainya.

Keunggulanya lagi pakan ini sudah tidak perlu dicampur dengan pakan hijauan dan rumput lagi sehingga tidak perlu ditakutkan akan kesedian pakan jika dalam kondisi kemarau. Pemberian pakannya hanya diberikan pagi dan sore dan hanya butuh 4% dari berat badan. Jadi memang lebih sedikit kebutuhan pakannya namun tetap terpenuhi nutrisinya.

Demikian pembahasan  tentang  ternak kambing modal 10 juta semoga memberikan manfaat pada peternak semua. Jika ingin mendapatkan pakan ini anda cuku menghubungi di nomor 0821-3444-0557.

Terima kasih