Cara Pengolahan Pakan Ternak Kambing yang Terbukti Bisa Menggemukkan dengan Cepat

Pengolahan pakan ternak kambing yang baik untuk peternakan kambing adalah yang dapat memenuhi kebutuhan baik itu protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineralnya dapat terjamin.  Peternak akan sangat puas apabila ternak yang dia rawat menjadi gemuk, sehat sehingga akan mendapatkan keuntungan yang banyak dari hasil ternaknya.

 pengolahan pakan ternak kambing

Pakan ternak instan ini akan sangat membantu peternak karena sangat praktis dengan nutrisi lengkap, sangat ekonomis, efisien tdak perlu pakan yang lain lagi. Saat ini dengan bisnis yang bergerak dalam komoditas pangan sangat menjanjikan sekali terutama untuk kebutuhan daging.

Selama ini, peluang usaha ternak kambing atau domba masih dipandang sebelah mata, walaupun banyak kita jumpai di pedesaan. Banyak peternak kambing dan domba masih belum tahu cara-cara atau ilmu tentang bagaimana membuat ternak mereka menjadi gemuk, sehat dan bernilai jual tinggi. Hal ini karena pola ternak yang tidak berubah ternyata tetap dilakukan oleh para peternak kambing ini, masalahnya adalah karena tidak adanya penyuluhan tentang peternakan yang memadai. Selain itu, akses informasi dan layanan internet pun belum merata masuk ke pedesaan, sehingga hal ini sangat membatasi transformasi ilmu-ilmu baru kepada para peternak di desa.

Salah satu poin penting menunjang kesuksesan bisnis ternak kambing ini adalah Pengolahan pakan ternak kambing yang sudah modern. Banyak sekali para peternak kambing yang belum mengetahui cara pembuatan pakan ternak lebih baik. Berikut ini, kami sampaikan cara pengolahan pakan ternak kambing yang modern.

Cara Pengolahan Pakan Ternak Kambing Buatan

Pada dasarnya kambing harus diberi pakan hijau-hijauan sebagai menu pakan utamanya. Akan tetapi, dengan konsep yang lebih modern,  kambing bisa diberi pakan buatan yang berasal dari fermentasi bahan-bahan organik. Untuk membuat pakan buatan anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahannya, yaitu:

  1. 100 Kg bahan-bahan organik. bisa dari pohon pisang, pohon jagung, jerami padi, atau sejenisnya yang sudah dipotong-potong kecil, lalu kita keringkan hingga benar-benar kering.
  2. Tambahkan 20-25 liter tetes tebu atau molase, jika tidak ada tebu, kita bisa menggantinya dengan air gula.
  3. 1 botol probiotik viterna.
  4. Sediakan 250-300 liter air bersih.
  5. Tempat atau wadah untuk proses fermentasinya, anda bisa menggunakan drum bekas atau kolam yang bisa ditutup rapat.
  6. Alat pemotong untuk memotong bahan-bahan organiknya. Anda bisa menggunakan arit (sabit), gunting rumput atau bisa juga dengan mesin khusus pemotong jerami.
  7. Yang terakhir, jangan lupa siapkan beberapa wadah atau tempat seperti ember atau yang lainnya.

Baca juga:

Setelah bahan-bahannya lengkap, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan pakan organiknya. Berikut ini contoh pengolahan pakan ternak kambing dari Jerami padi :

  1. Anda harus benar-benar memastikan wadah atau tempat fermentasi yang digunakan bersih dari bakteri, benda-benda atau cairan apapun. Serta tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.
  2. Pastikan bahan-bahan organik yang anda siapkan sudah di potong dan di keringkan sebelumnya.
  3. Selanjutnya larutkan tetes tebu atau air gula (jika tidak ada tebu) dan 1 botol probiotik Viterna dengan air yang bersih. Tentunya dengan ukuran yang telah ditentukan.
  4. Campurkan bahan-bahan organik yang telah kering dengan tetes tebu / air gula pada wadah / tempat, drum bekas, ember atau lainnya.
  5. Jika sudah, campurkan bahan-bahan tadi secara bertahap ke jerami dan tetes tebu / air gula + viterna hingga semua bahan tercampur merata.
  6. Anda harus memastikan bahwa semua jerami sudah tercampur dengan larutan viterna + tetes tebu / air gula. Kemudian masukkan jerami tersebut kedalam wadah pembuatan fermentasi. Aduk / ratakan dan injak-injak agar oalahan menjadi padat.
  7. Kemudian anda tutup wadah proses fermentasinya dengan rapat. Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti plastik atau terpal. Kemudian diamkan selama 7 hari, setelah itu olahan buatan sudah dapat digunakan untuk pakan.

Pengolahan pakan ternak kambing modern ini sudah mengandung banyak vitamin bagi ternak. Olahan pakan buatan ini diberikan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan ternak ini sebaiknya dilakukan dengan perbandingan berat badan kambing x 3% pakan fermentasi dari jerami tersebut. Untuk membuat kambing semakin gemuk, anda dapat menambahkan bekatul dengan kualitas 1 atau dengan takaran 0,5 kilo untuk 1 ekor ternak kambing dewasa sebagai pakan tambahan setiap harinya, pemberian pakan bekatul ini diberikan pada siang hari.

Demikian cara membuat pengolahan pakan ternak kambing yang lebih modern.

Oh ya jika anda membutuhkan olahan pakan ternak kambing tapi tidak harus susah payah membuatnya, kami menyediakan  pakan ternak instan dari  pakanternakinstan.com. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi cs kami di : 0821-3444-0557