Manajemen Pakan Ternak Sapi Potong

Manajemen Pakan Ternak Sapi Potong. Pakanternakinstan.com – Mengapa perlu melakukan pengelolaan manajemen pakan sapi potong? Karena produktivitas ternak sapi sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan yaitu sekitar 70%, sedangkan 30% nya dipengaruhi oleh faktor genetik. Jadi memang benar bila bibit ternak yang bagus akan mempengaruhi hasil ternak yang bagus juga. Akan Tetapi, itu hanya 30% yang mempengaruhinya saja. Kemudian, dari 70% faktor lingkungan, 60% nya adalah faktor makanan atau pakan ternak.

Sebagus apapun bibit ternak yang anda miliki, bila pengelolaan pakannya tidak benar dalam segi kualitas maupun kuantitas, maka anda tidak akan bisa mendapatkan hasil ternak yang terbaik. Selain itu, memang bagus bila bisa memberikan pakan ternak terbaik untuk sapi anda, akan tetapi perlu diingat juga kalau pakan ternak adalah salah satu sumber pengeluaran terbesar. Biaya pakan ternak dapat mencapai 80% dari total biaya yang dibutuhkan.

Manajemen Pakan Sapi Potong Indonesia

Syarat Pakan Ternak Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu yang perlu anda kuasai dalam pengelolaan manajemen pakan ternak sapi potong Indonesia  adalah memilih pakan ternak yang tepat. Berikut adalah syarat pakan ternak yang harus anda ketahui:

  • Mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak yang terdiri dari lemak, protein, vitamin, karbohidrat dan mineral
  • Memiliki palatabilitas yang tinggi atau disenangi oleh ternak
  • Bersih, tidak tercemar oleh kotoran ataupun bibit penyakit yang dapat membuat ternak menjadi sakit
  • Pakan ternak dalam kondisi baik, tidak rusak maupun busuk
  • Tidak mengandung bahan-bahan yang memiliki suhu rendah seperti embun pagi yang menempel pada dedaunan karena dapat menyebabkan sakit perut pada ternak

Setelah anda mengetahui seperti apa syarat-syarat pakan ternak sapi yang baik, hal selanjutnya yang harus anda ketahui terkait pengelolaan atau manajemen pakan ternak sapi potong adalah jenis pakan hijau yang tepat terutama bila anda ingin melakukan penggemukan sapi untuk sapi potong. Bahan pakan yang tepat adalah yang berasal dari rumput unggul, leguminosa dan rumput lokal. Beberapa jenis rumput-rumputan yang dibudidayakan untuk pakan ternak adalah rumput raja, rumput gajah, rumput meksiko, rumput setaria dan lain sebagainya. Sedangkan untuk dedaunan berupa leguminosa, contohnya kacang-kacangan (cetro, lamtoro, siratro dan gamal). Bila anda memiliki kebun sendiri, anda bisa juga memberikan kacang kedelai, brangkasan kacang tanah dan juga pucuk jagung muda.

Jenis-Jenis Rumput-rumputan Yang Bagus Untuk Sapi

Untuk jenis rumput-rumputan, anda bisa memilih tanaman yang unggul untuk pakan sapi yang terbaik, dan untuk proses penanaman adalah seperti berikut ini:

  • Dapat dibudidaya dengan biji, sobekan rumput atau pols dan juga stek batang
  • Proses panen dilakukan ketika tanaman berumur minimal 2 bulan dan panen berikutnya setiap 1,5 bulan dengan tinggi pemotongan 10 hingga 15 cm dari permukaan tanah
  • Tanaman diberi pupuk saat proses pengolahan tanah, dosisnya adalah 10 ton pupuk kandang, 50 kg KCL dan 50 kg TSP untuk setiap hektarnya. Bila kurang dari 1 hektar, anda bisa melakukan perhitungan untuk penyesuaian.
  • Pemupukan selanjutnya diberikan setelah dilakukan 3x panen dengan takaran pupuk yang sama. Sedangkan bila menggunakan pupuk urea, pupuk baru diberikan setelah tanaman setidaknya berumur 2 minggu dengan takaran 50 kg per hektar.

Karena tidak mungkin memberikan pakan sapi berupa tanaman musiman terus-menerus karena ketersediaannya sangat tergantung dengan musim tumbuh. Solusinya anda bisa menyediakan pakan hijau alternatif dengan menanam tanaman dengan sistem 3 strata.  Misalnya, pola tanaman hijau yang ditanam dengan tujuan untuk menyediakan pakan sepanjang tahun.

Nah, berbicara tentang Manajemen pakan ternak sapi potong Indonesia khususnya peternak skala besar bahkan skala kecil harus pandai dalam menyediakan pakan yang terbaik untuk ternaknya jangan sampai ketersediaan pakan terganggu membuat target penggemukan tidak maksimal lagi.

Ketersediaan Pakan Menjadi Masalah Bagi Peternak

Kesediaan pakan memang menjadi salah satu problem yang dihadapi sebagian besar peternak maka dari itu wajib hukumnya bagi peternak untuk menyediakan pakan yang lebih banyak. Karena para peternak saat ini kebanyakan memberikan pakan berupa pakan hijuan dimana stok pakan ini tidak bisa diprediksikan ketersediannya karena sangat tergantung dengan musim.

 

Pengelolaan Manajemen pakan sapi potong
Pengelolaan Manajemen pakan sapi potong

Melihat kondisi yang hampir banyak dihadapi oleh peternak saat ini maka kami PT. Agro Apis Palacio membuat formula pakan yang cukup lengkap nutrisinya. Bahkan tidak tergantung dengan pakan hijauan namun tetap mengandung serat hijauan. Pakan ini dipasaran dikenal dengan pakan ternak instan karena pakan ini sudah lengkap nutrisinya tinggal diberikan saja keternak tanpa repot membuat komposisi pakan lagi yang belum tentu tepat. Kabar gembiranya pakan ini diformulasikan oleh ahli nutrisi pakan  yang tentunya sudah melalui serangkaian penelitian yang panjang.

Pakan ternak instan ini sudah banyak digunakan oleh peternak sapi, kambing dan domba dan mereka menyam;paikan bahwa pakan ini sangat mudah diberikan dan penambahan berat badannya cepat meningkat.

Untuk mendapatkan pakan ini dapat menghubungi kami di nomor 08213-444-0557. Selamat mencoba