Pembuatan Pakan Alternatif Ternak Sapi: Pakan Ternak Fermentasi

Pembuatan pakan alternatif ternak sapi. Pakanternakinstan.com. Pembuatan pakan alternatif ternak sapi masuk ke dalam bagian manajemen ternak sapi. Untuk membuat ternak sapi lebih cepat gemuk, anda harus memberikan pakan ternak yang tepat. Dengan memberikan pakan ternak buatan sendiri, anda bisa memberikan pakan ternak yang penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh sapi namun dengan harga yang miring.  Bila anda berhasil membuat pakan ternak sendiri, maka anda sudah berhasil menguasai satu bidang manajemen ternak sapi.

 

pembuatan pakan alternatif ternak sapi

Pembuatan pakan alternatif ternak sapi sendiri bisa memangkas biaya ternak. Membuat pakan ternak sendiri juga bisa membantu mengatasi ketersediaan pakan ternak sapi yang terbatas, terutama untuk pakan ternak hijau. Karena tidak bisa menjamin ternak sapi bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan karena ketersediaan pakan ternak tergantung oleh musim. Maka harus dipikirkan bagaimana caranya pakan ternak dapat bertahan lama namun nutrisi dalam pakan ternak tersebut tetap terjaga.

Salah satu pembuatan pakan alternatif ternak sapi adalah pakan ternak fermentasi. Keuntungan dari pakan ternak ini adalah dapat bertahan lebih lama, bahkan hingga lebih dari satu tahun, selain itu pakan ternak fermentasi juga dapat membantu memperbaiki pencernaan ternak sapi. Anda juga bisa mengatur sendiri kandungan nutrisi yang anda inginkan, mengatur seberapa banyak dan berapa kali anda akan memberikan makan. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sapi anda akan lebih cepat gemuk dan tentunya sehat serta jauh dari penyakit.  Walaupun tidak perlu menggunakan pakan ternak hijau seperti rumput-rumputan, anda masih tetap harus mencari bahan pakan terlebih dahulu baru kemudian diolah dengan metode fermentasi. Anda bisa memanfaatkan limbah makanan, jerami kering dan juga gedebog pisang.

Pakan alternatif ternak sapi fermentasi

  1. Potong bahan-bahan pakan ternak menjadi ukuran yang kecil untuk memperlancar proses fermentasi
  2. Siapkan tempat pembuatan pakan ternak fermentasi dengan beralaskan terpal atau plastik berukuran besar
  3. Untuk melarutkan tebu atau gula pasir, tambahkan air yang sudah dicampur dengan probiotik SOC-HSC
  4. Masukkan jerami, dedak dan bekatul di tempat yang sudah disiapkan sebelumnya
  5. Siram seluruh bahan dengan larutan gula
  6. Aduk hingga rata
  7. Tutup menggunakan terpal hingga kedap udara
  8. Proses fermentasi berlangsung selama 1-14 hari (jerami), namun untuk gedebog pisang proses fermentasinya bisa lebih cepat

Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti bahan pakan ternak yang biasa anda temukan pada musim hujan. Anda mengumpulkan sebanyak mungkin pakan ternak tersebut, lalu buat pada musim hujan juga agar bahan pakan ada banyak. Kemudian saat musim kemarau tiba, anda tidak lagi kesulitan mencari pakan ternak karena sudah memiliki stok dari pakan ternak hasil fermentasi.

Walaupun anda membuat sendiri pakan ternak sapi, anda harus bisa menjaga kualitas pakan ternak fermentasi tersebut agar sapi dapat menjadi gemuk lebih cepat dengan mengetahui proses fermentasi yang baik. Untuk mengetahui apakah proses fermentasi berjalan dengan baik atau tidak, anda bisa melihat ciri-ciri proses fermentasi yang baik seperti berikut ini:

  • Suhu meningkat
  • Perubahan warna
  • Bahan menjadi lapuk dan juga empuk

Seandainya anda tidak memiliki waktu untuk membuat pakan ternak fermentasi, jangan khawatir karena anda masih bisa membeli pakan ternak instan di toko-toko. Walaupun harganya cukup mahal, namun daripada anda kekurangan pakan ternak, tentu lebih baik untuk membelinya.

Pada umumnya membuat pakan alternatif adalah dengan cara fermentasi. Cara ferementasi ini mempunyai kelebihan diantaranya bisa dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. Pakan fermentasi ini juga dalam memberikan daya suka ternak. PAkan fermentasi ini bisa menjadikan solusi akan keterbatasan pakan hijauan pada saat musim kemarau.

pembuatan pakan alternatif ternak sapi

Pakan komplit adalah pakan alternatif ternak sapi

Saat ini kami sudah membuat penelitian untuk membuat pakan alternatif yang mengandung banyak nutrisi namun awet untuk disimpan. Berdasarkan latar belakang keilmuan  kami tentang nutrisi  pakan di Institut Pertanian Bogor kami membuat formulasi pakan alternatif yang sangat lengkap nutrisinya.

Kebanyakan para peternak membuat inovasi pakan alternatif namun tidak mengukur kadar nutrisi yang terkandung dalam setiap bahan pakan. Akibatnya pertumbuhan berat badan dan pertumbahan ternaknya tidak akan pernah maksimal. Antara biaya dikeluarkan dan tenaga yang dikeluarkan tidak seimbang sehingga peternak sering mengalami kerugian.

Baca juga:

Kami PT . Agro Apis Pallacio bergerak dalam bidang peternakan, produsen pakan, konsultan peternakan saat ini telah memproduksi pakan komplit untuk domba, sapi dan kambing. Saat ini sudah mensuplai peternak baik skala kecil maupun besar. Baik di jawa maupun diluar jawa bahkan diluar negeri.

Keunggulan pakan ini adalah komposisinya sudah sangat komplit dimana semua unsur yang dibutuhkan sudah terkandung dalam pakan ini. Pakan ini sudah mengandung karbohidrate, protein, mineral, probiotik, lemak sehingga memudahkan peternak untuk memberikannya tanpa repot membuat adonan pakan.

Pakan ini lebih dikenal dengan pakan ternak instan karena pakan ini siap disajikan ke ternak tanpa diproses lagi. Pakan ini juga bisa disimpan sampai dengan 1 tahun sehingga aman untuk stok pakan dan tidak perlu khawatir lagi dengan musim kemarau. Pakan ini mampu meningkatkan bobot ternak dengan sangat cepat dibandingkan dengan pakan lainnya.

Untuk mendapatkan pakan ini cukup mudah yaitu cukup menghubungi di nomor 0821-3444-0557.