Pola Pemberian Makan Dan Jenis Pakan Ternak Kambing Supaya Cepat Gemuk

Pakan Ternak Kambing Supaya Cepat GemukPakanternakinstan.com. Sejauh ini ada 2 jenis ternak yang banyak di Indonesia, dan salah satunya adalah kambing. Anda bisa menemukan dengan mudah peternak kambing di desa-desa, karena memang sebagian besar ternak kambing hanya dijadikan sampingan saja sehingga ternak kambing tidak dilakukan secara optimal.

Para peternak yang seperti ini masih menggunakan ilmu yang diturunkan dari generasi ke generasi tanpa adanya perubahan. Padahal dengan ilmu yang baru, para peternak bisa mendapatkan kambing yang lebih gemuk. Ilmu yang dimaksud tersebut adalah ilmu pakan ternak kambing supaya cepat gemuk.

pakan ternak kambing supaya cepat gemuk

Apabila mengikuti cara yang sudah ada, peternak tidak akan berkembang dan usahanya akan seperti itu terus. Jika ingin berubah, maka yang perlu diketahui pertama adalah pakan ternak menjadi faktor yang sangat penting dalam usaha ternak kambing. Pastinya setiap peternak ingin mendapatkan kambing yang sehat dan juga gemuk, semakin gemuk tentu harganya semakin mahal. Untuk mendapatkan bobot yang diharapkan, peternak harus bisa memberikan pakan ternak kambing supaya cepat gemuk dengan tepat, tidak asal memberikan pakan yang banyak saja.

Untuk kambing, ada 3 jenis pakan ternak yang harus anda ketahui:

  1. Pakan hijau, cukup berikan 10% dari total berat badan kambing atau rata-rata sebanyak 4,5 – 5 kg per harinya. Anda bisa membaginya dalam 3x pemberian makan. Tujuan pemberian pakan hijau adalah kambing bisa mendapatkan nutrisi yang hanya ada dalam pakan hijau.
  2. Pakan kering adalah jenis pakan yang mudah didapatkan dan tidak terlalu tergantung oleh musim. Contoh pakan kering adalah ampas tahu, ampas kedelai, ampas singkong, bekatul, kulit kacang hijau dan konsentrat. Pakan kering menjadi pelengkap nutrisi pakan hijau.
  3. Air dan juga garam termasuk jenis pakan yang penting, keduanya harus selalu tersedia selama 24 jam karena kambing membutuhkan banyak air. Garam akan menjadi sumber mineral bagi kambing, tapi tidak perlu banyak-banyak, cukup 7 gram per harinya saja. Anda bisa mencampur garam dengan air minum kambing atau dengan memberikan garam bata saja, nantinya biar kambing yang akan menjilati garam bata sendiri.

Pemberian Pakan yang Tepat Membuat Kambing Cepat Gemuk

Selain pakan ternak kambing supaya cepat gemuk, anda juga perlu memperhatikan pola pemberian pakan kambing. Pola yang tepat diperlukan agar kambing bisa gemuk dengan lebih cepat. Pola makan yang tepat adalah memberikan makan 2x sehari dan memberikan pakan tambahan pada pagi, siang lalu pada sore harinya diberikan pakan hijau. Apabila menggunakan pola makan 3x sehari, maka berikan pakan tambahan jam 8 – 9 pagi, jam 3 sore untuk pakan hijau dan jam 8 malam diberikan pakan hijau lagi. Jenis pola pakan yang terakhir adalah 4x sehari, pada pagi hari diberi pakan tambahan, siang pakan hijau, jam 4 sore diberi pakan tambahan dan malamnya pakan hijau lagi.

Terakhir, yang harus anda ketahui adalah metode pemberian pakan yang tepat:

  • Pakan kering seperti konsentrat dan juga bekatul diberikan terpisah
  • Pakan hijau harus dalam keadaan tercacah kecil-kecil untuk mempermudah proses pencernaan kambing
  • Pakan basah atau pakan komboran dicampur terlebih dahulu dengan pakan kering dan diberi air lagi
  • Pakan kering dan pakan hijau bisa dicampur

Kira-kira demikian jenis pakan dan juga cara pemberian pakan yang tepat untuk menggemukkan kambing. Setelah anda mengikuti tips di atas secara teratur, anda bisa memperhatikan bahwa kambing anda akan bertambah bobotnya dengan lebih cepat daripada biasanya.

pakan ternak kambing supaya cepat gemuk

Baca juga:

Jika peternak kesulitan dalam membuat pakan yang baik utk ternak. kami memberikan solusi pakan komplit yang sudah lengkap nutrisinya dan sudah diteliti di laboratorium. Kami PT. Agro Apis Palacio membuat pakan ternak instanyang sudah lengkap nutrisnya sehingga bisa memberiokan pakan terbaik tanpa bingung dengan komposisinya tepat. PAkan ini sudah digunakan oleh berbagai peternak dari berbagai daerah baik skala kecil maupun besar. Untuk mendapatkan pakan ternak instan ini bisa menghubungi di nomor 082134440557.