Aturan Pemberian Pakan Ternak Kambing Etawa

Berternak kambing etawa akan bisa mendatangkan keuntungan jika Anda lakukan dengan intensif dan serius. Hal ini dikarenakan kambing etawa memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga jual kambing lokal. Agar anda bisa menuai keuntungan dari beternak kambing etawa, maka Anda harus mampu untuk memberikan pakan ternak kambing etawa yang memiliki kualitas baik dan dalam jumlah yang cukup.

Dengan pemberian pakan yang tepat akan menjadi hal yang sangat menentukan untuk mendapatkan kambing etawa yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dari kondsi tersebut maka seorang peternak harus mempunyai pengetahuan dalam memilih dan menentukan pakan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak kambing etawa Anda.

Adapun jenis pakan ternak kambing etawa yang bisa dipilih adalah pakan hijauan diantaranya adalah daun dari pohon turi, pohon gamal,pohon murbei, daun dadap  dan pohon cermai. Selain itu, kambing juga bisa diberikan pakan dari rumput gajah, rumput odot. Anda bisa mencari rumput gajah yang tumbuh secara liar. Anda juga bisa menanam sendiri rumput gajah untuk pakan ternak kambing etawa yang anda miliki.

pakan ternak kambing etawa

Pada dasarnya ada dua jenis pakan ternak kambing etawa, yaitu pakan hijau yang berasal dari beragam jenis daun dan rumput, serta pakan tambahan yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, tepung ikan, bungkil kelapa dan masih banyak lagi. Adapun jenis pakan untuk kambing etawa yang termasuk pada pakan hijau selain yang sudah disebutkan di atas, seperti kaliandra dadap, glagahan, daun nangka, daun singkong, singkong, daun ketul sapi, jagung muda, pohon jagung, daun pohon sengon, daun pohon mahoni, daun waru rengis.

Sedangkan untuk pakan tambahan seperti polar, bungkil, gula jawa, buah nangka, kulit kedelai, ampas tahu, dan masih banyak lagi. Pemberian pakan pada ternak kambing etawa haruslah dengan usia dan kondisi pada kambing etawa tersebut. Pemberian pakan harus mengandung cukup karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Aturan Pemberian Pakan Ternak Kambing Etawa

Dalam pemilihan pakan anda juga harus memastikan jika pakan yang diberikan pada kambing etawa akan mudah untuk dicerna, tidak mengandung racun yang membahayakan bagi ternak, harganya terjangkau, mudah untuk ditemukan, dan disukai oleh ternak.

Pemberian pakan ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu hari, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Jumlah pakan yang diberikan pada kambing etawa kurang lebih sebanyak 10% dari berat badan kambing etawa. Selain pakan, kambing etawa juga harus diberikan minum sebanyak 1,5 – 2,3 liter dalam satu hari, serta juga perlu untuk diberikan garamberyodiumdalamjumlah yang secukupnya.

Jika kambing etawa yang Anda miliki dalam kondisi hamil, atau sedang menyusui, atau pejantan yang sering dikawinkan. Perlu untuk diberikan pakan penguat berupa bubur sebanyak 0,5 – 1 kg untuk satu ekor dalam satu hari.

Apabila pakan ternak kambing etawa Anda telah terpenuhi dengan baik, maka kambing etawa Anda akan bisa tumbuh dengan baik, mampu memproduksi susu dengan melimpah, mampu berkembang biak dengan baik, serta terhindar dari serangan penyakit. Ketika kambing etawa bisa tumbuh dengan baik maka kambing etawa akan memiliki nilai jual yang tinggi, dengan begitu Anda akan bisa menuai keuntungan yang melimpah.

Dalam pemberian pakan ternak kambing etawa harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Untuk memaksimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan Kambing etawa sebaiknya memberkan pakan hijauan yang bermutu, porsi pemberian pakan hijauan bisa sampai 60% dari total ransum ternak untuk setiap harinya.
  1. Sebaiknya kambing etawa diberikan pakan pendamping lainnya. Pakan yang biasanya diberikan adalah konsentrat. Pakan konsentrat ini seprti dedak, bekatul, ampas tahu, jagung giling (tepung jagung), gaplek, bungkil kedelai, bungkil kelapa,bungki sawit, dll.

Usahakanlah sebelum kambing berusia 1,5 tahun kambing harus bisa terpenuhi. Segala kebutuhan nutrisinya, hal ini bertujuan agar kambing bisa berkembang secara optimal. Sebab setelah kambing berusia lebih dari 1,5 tahun maka kambing akan sulit untuk berkembang dan menambah berat badannya. Sekian penjelasan mengenai pemberian pakan pada ternak kambing etawa.

Keberhasilan ternak sangat tergantung dari kualitas dan pemilihan pakan. Jika anda bingung mencari pakan dan bingung menentukan komposisi pakan, sebaiknya menggunakan pakan complete feed dari pakan ternak instan. Pakan ini sangat praktis untuk diberikan ke ternak, serta sangat ekonomis. Harga pakan lebih murah dibandingkan harus membuat pakan sendiri dan disibukkan untuk mencari pakan.

Baca juga:

Pakan ternak instan sudah digunakan oleh beberapa peternak skala kecil dan besar, dan mereka menyatakan bahwa dengan diberikan pakan kami maka ternaknya lebih cepat gemuk,  komposisi pakan yang sudah terukur dan tersandard sehingga tidak bingung dalam mencampur pakan dan tidak mengganggu target penggemukan. Hemat pekerja karena 1 pekerja bisa merawat 100-150 ternak perharinya, jadi tidak perlu banyak pekerja.

Untuk mendapatkan informasi tentang pakan kami bisa mengunjungi laman kami atau dengan menghubungi kontak kami:

info pakan ternak instan

TLP/SMS/WA: 0821-3444-0557

Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu dan menambah wawasan Anda mengenai pemberian pakan pada kambing etawa yang Anda miliki.