Pakan Ternak Alternatif Untuk Penggemukan Yang Paling Direkomendasikan oleh Ahli Peternakan

Pakan ternak alternatif untuk penggemukan merupakan salah satu jenis pakan, yang dapat digunakan sebagai bahan pengganti asupan makanan ternak. Pakan ternak alternatif untuk penggemukan juga bisa digunakan, sebagai usaha untuk menghemat biaya pakan yang semakin lama semakin mahal. Untuk itu diperlukan usaha dan pengetahuan serta pengalaman untuk mengatasi hal tersebut, dengan menciptakan kreasi di dalam mencari bahan pakan alternatif yang murah, tetapi tetap mampu memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan untuk hewan ternak kita.

Pakan ternak alternatif untuk penggemukan

Dalam usaha mewujudkan swa sembada daging untuk ternak ruminansia seperti sa[i dan kambing. Swasembada daging dapat dicapai dengan berbagai cara diantaranya dengan memperkuat pakan untuk sapi potong supaya hasil peningkatan bobot ternak menjadi lebih cepat. Untuk membuat pakan alternatif atau pakan pengganti berbagai usaha telah dilakukan termasuk yang terbaru adanya aplikasi dan yang punya prospek sebagai alternatif pakan ternak dari hijauan dapat berupa rumput dan daun – daunan yang bernama tanaman indigofera atau tanaman nila.

Pakan ternak alternatif untuk penggemukan bisa didapat dari bahan pakan lokal yang belum umum digunakan maupun belum diproduksi dengan skala besar. Hal ini bisa dikarenakana kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bahan pakan alternatif belum banyak diketahui. Pakan ternak menjadi sangat penting untuk proses pertumbuhan ternak agar bisa bertahan hidup. Manfaat lain bisa sebagai penghasil tenaga dan juga menghasilkan produk lain misalnya susu, daging, juga sebagai penghasil anak. Adapun fungsi lain dari pakan dapat menjaga kesehatan, menjadi penghasil daya tahan tubuh ternak, dan meningkatkan produktifitas pertumbuhan ternak.

Dilihat dari segi bisnis yang dihasilkan dari bisnis peternakan maka semakin banyak para peternak baru yang muncul baik karena hobi maupun karena melihat setiap bisnis akan berpotensi mendapatkan keuntungan baik sedikit maupun besar semua tergantung dari banyak faktor.

Pakan untuk sapi, kambing, domba dll sebenarnya adalah hewan herbivora yang pakan atau makanan utamanya adalah rumput dan hijau – hijauan dedaunan.

Tetapi semakin lama dengan adanya perkembangan teknologi dan semakin sulitnya mencari daun – daun kehijauan serta rumput hal tersebut maka memunculkan ide membuat pakan alternatif dengan mencampur jenis makanan utama dengan makanan tambahan.

PakanTernakInstan sebagai solusi pakan ternak alternatif yang lebih hemat dan praktis

Ternyata dari solusi membuat pakan ternak alternatif itu bisa mempercepat pertumbuhan serta dapat meningkatkan proses penggemukan pada hewan ternak. Agar lebih optimal maka kita harus kombinasikan dengan konsentrat yang mempunyai komposisi tepat untuk membuat hewan ternak menjadi sehat.
Pakan ternak alternatif untuk penggemukan harus mengandung unsur unsur penting sebagai berikut:
– Sumber protein ( SP )
– Dapat terpenuhi sumber energy ( SE )
– Sumber serat kasar ( SSK )
– Sumber mineral ( SM )
– Dan juga terpenuhi vitamin ( SV )

Usaha menghasilkan mutu yang baik dalam mendapatkan pakan ternak alternatif untuk penggemukan adalah dengan menggunakan bahan – bahan yang mengandung zat – zat makanan yang diperlukan ternak. Bahan -bahan yang baik membantu dalam memenuhi asupan vitamin untuk kebutuhan ternak. Bahan pakan alternatif tersebut membutuhkan bahan baku, dan juga bahan tambahan atau pendamping sebagai bahan penolong.

Baca juga

 

Pakan ternak alternatif untuk penggemukan dapat dibuat dengan adanya bahan baku. Bahan pakan utama dalam suatu proses produksi dan berperan untuk menentukan mutu dari suatu produk. Bahan tambahan berasal dari bahan yang akan ditambahkan untuk bisa meningkatkan kualitas produk, juga sebagai bahan pelengkap pada produk tersebut. Bahan penolong dapat digunakan untuk mensuport terjadinya proses produksi sehingga dapat berjalan lancar.

Salah satu pakan ternak alternatif untuk penggemukan yang sangat praktis dan menaikkan berat badan ternak dengan cepat adalah pakan ternak instan. Pakan ternak ini tergolong complete feed dimana semua bahan yang bermanfaat untuk meningkatkan berat badan ternak secara alami sudah ada di dalamnya. Unsur pakan yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan peningkatan bobot ternak sudah  terkandung dalam pakan ternak instan adalah karbohidrate, protein, serat, vitamion dan mineral.

PakanTernakInstan ini sangat praktis dan efsien.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang pakan ini bisa menghubungi nomor 0821-3444-0557.

Demikian informasi mengenai Pakan ternak alternatif untuk penggemukan yang dapat kami informasikan, semoga dapat bermanfaat.