Pakan Kambing Modern Untuk Penggemukan

Pakan kambing modern untuk penggemukan adalah sebuah usaha peternakan kambing yang saat ini masih banyak dijadikan sebagai usaha sampingan, dan masih menggunakan cara tradisional. Hal ini sangat disayangkan karena ternak kambing sangatlah menguntungkan. Tingginya permintaan daging kambing yang seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, bisa menjadi lahan yang potensial untuk terjun dalam bisnis ini.

Pakan kambing modern untuk penggemukan

Kambing adalah jenis ternak yang paling banyak disukai dagingnya selain daging sapi dipasaran. Berbagai masakan olahan yang terbuat dari daging kambing adalah seperti : sop iga, sate, semur, sop kambing, gulai kambing, nasi goreng, steak kambing, sate iga, nasi kebuli dll. Konsumsi masyarakat yang tinggi pada daging kambing, tidak sebanding dengan ketersediaan daging dilapangan.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut negara kita masih perlu mengimpor daging. Hal ini menjadi sebuah peluang besar bagi peternak karena konsumsi masyarakat yang tinggi dan terus mengalami peningkatan setiap tahun. Peluang yang baik dan sangat potensial untuk dikembangkan ini membuat pengusaha ternak lebih serius menekuni usaha ternaknya.

Usaha ternak kambing mempunyai keuntungan ganda. Keuntungan tersebut dari usaha budidaya ternak itu sendiri dan juga dari kotoran yang dihasilkan untuk pupuk tanaman. Beberapa faktor yang sangat mempengaruhi ternak kambing adalah teknik pemberian pakan, luas lahan, dan umur.

Semakin banyak para peternak kambing berbanding lurus dengan banyaknya kebutuhan daging yang ada dipasaran. Dari tahun ke tahun harga kambing juga mengalami peningkatan. Harga akan semakin meningkat mendekati hari raya Idul Adha, Ramadhan, dan juga hari raya Idul Fitri. Kambing yang sengaja di ternakkan sekarang sudah banyak jenisnya seperti :

  1. Kambing pedaging
  2. Kambing susu
  3. Kambing yang disiapkan untuk kontes

Dalam menjalankan bisnis peternakan kambing atau domba, Pakan kambing adalah faktor produksi yang memakan biaya operasional paling tinggi. Pada umumnya peternak memberikan pakan daun – daunan maupun rumput hijauan.  Pakan hijauan sangat tergantung pada musim. Pada musim kemarau rumput akan susah dicari, apabila ada jumlahnya juga akan sedikit sekali. Hal ini sangat menganggu keberlangsungan usaha peternakan.

 

Pakan Kambing Modern Untuk Penggemukan

Pakan kambing modern untuk penggemukan merupakan langkah modern yang mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan dalam usaha peternakan. Pakan kambing adalah pakan dari hijauan seperti rumput, dan juga daun-daun hijau, serta legum seperti daun yang lainnya. Untuk daun legume dan daun-daunan hijau terlabih dahulu harus dijemur di bawah terik matahari selama 2 – 3 jam.

Baca juga:

Cara ternak kambing modern merupakan jawaban dari tingginya jumlah permintaan daging kambing dipasaran. Selain itu, beternak kambing secara modern memiliki banyak keunggulan, diantaranya yaitu efisiensi waktu, biaya, tenaga kerja, pakan dan juga manajemen pengelolaan. Ternak kambing modern ini dapat diterapkan dalam berbagai bentuk usaha, mulai dari skala usaha kecil menengah, hingga besar.

Kendala yang sering terjadi pada para peternak kambing adalah lokasi tempatnya yang kotor, sehingga peternak tidak perlu repot mencari pakan dan keberadaannya masih banyak di daerah pedesaan. Kami disini memberikan solusi dengan membuka informasi beternak secara modern, praktis, efektif dan juga efisien.

Pemberian ternak kambing modern, sudah tidak lagi menggunakan pakan rumput hijau tapi menggunakan pakan buatan. Pakan buatan yaitu pakan dari hasil fermentasi bahan organik seperti jerami padi, kangkung, jagung, dan lain sebagainya.

Pakan kambing modern untuk penggemukan saat ini banyak peternak yang menggunakan konsep modern dalam melakukan ternak kambing, tidak lagi menggunakan cara yang dilakukan oleh para peternak kebanyakan yang masih mengandalkan pakan rumput hijau yang berasal dari ngarit atau kebun yang pasti akan sulit didapatkan apabila jumlah rumput telah habis.

Permintaan daging kambing, domba, sapi sangat banyak sekali setiap harinya. Saat ini peternakan di Indonesia mayoritas dikelola dengan cara sederhana sekali, mereka memelihara ternak sebagai sampingan saja. Nah alangkah baiknya jika peternakan ini dilaksanakan dengan manajemen yang lebih modern maka akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar sekali.

Untuk mendukung peternakan modern ini kami membuat formulasi pakan yang nutrisnya sangat cukup tanpa hijauan, tanpa ngarit. Komposisi pakan ini sudah mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sehingga hanya diberikan saja ke ternak. Dengan memberikan pakan ini dapat menghemat biaya operasional karena biaya pakan lebih murah, tenaga kandangnya lebih sedikit (1 orang bisa memelihara 150 kambing/domba), lebih praktis. Pakan kambing modern untuk penggemukan kami namakan pakan ternak instan.

jika ingin mengetahui informasi tentang pakan ini bisa menghubungi 082134440557.