Panduan Membuat Pakan Alternatif untuk Ternak Kambing yang Terbuat dari Batang Pohon Pisang

Panduan membuat pakan alternatif untuk ternak kambing yang terbuat dari batang pohon pisang.  Pakanternakinstan.com. Pakan alternatif untuk ternak kambing kini menjadi pilihan para peternak kambing agar biaya pembudidayaan dan pengembangbiakan kambing dapat ditekan jumlahnya. Tidak hanya itu, pakan alternatif juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas kambing yang dipelihara. Beternak kambing menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Rerumputan dan daun-daunan menjadi jenis makanan yang kerap kali digunakan oleh peternak kambing untuk hewan peliharaannya. Karena beternak kambing menjadi aktifitas yang hampir dilakukan oleh masyarakat Indonesia, makanan utama kambing berupa rumput dan dedaunan kini sulit untuk didapatkan. Karena itulah, pakan alternatif untuk kambing menjadi pilihan makanan yang dapat dipilih oleh peternak guna meningkatkan produktifitas dan mengurangi jumlah anggaran.

Salah satu jenis pakan alternatif yang diperuntukan untuk kambing adalah pakan tambahan yang dibuat dari batang pohon pisang.

pakan alternatif untuk ternak kambing

 

Batang pohon pisang menjadi jenis bahan yang baik digunakan untuk membuat pakan alternatif. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan gizi dan nutrisinya yang tinggi. Di dalam batang pohon pisang mengandung asam amino, glikosida, pati, glukosa, asam nukleat, amine nitrit, serat kasar, abu, lemak kasar dan protein. Kandungan nutrisi tinggi yang berada di dalam batang pohon pisang merupakan salah satu alasan yang membuat bahan tersebut sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuat pakan alternatif untuk kambing. Selain kandungan nutrisinya yang tinggi.

baca juga:

Berikut alasan lainnya mengapa batang pohon pisang sangat tepat digunakan sebagai bahan pembuat pakan alternatif:

  1. Bermanfaat dalam memperbaiki sistem percernaan kambing dan dapat membantu proses pencernaan.
  2. Dapat meningkatkan produktifitas susu kambing ( kambing ettawa ).
  3. Meningkatkan nafsu makan kambing.
  4. Dapat meningkatkan berat badan kambing dan menjaga kondisi kambing agar selalu berada dalam keadaan yang sehat.
  5. Mampu meningkatkan sistem imunitas kambing sehingga kambing tak mudah terserang penyakit.
  6. Membuat feses atau kotoran kambing tidak berbau sehingga lingkungan tidak akan tercemar dengan bau yang kurang sedap.
  7. Mengurangi jumlah urine dan feses kambing sehingga sanitasi kandang dan lingkungan tidak akan terganggu.

Dengan banyaknya manfaat yang akan dirasakan oleh kambing, batang pohon pisang dapat dijadikan bahan utama pembuat pakan alternatif. Untuk memberikan manfaat bagi kambing, pakan alternatif yang terbuat dari batang pohon pisang dapat dibuat dengan cara yang mudah.

Jika Anda tertarik untuk membuat pakan alternatif kambing, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika membuat pakan alternatif untuk kambing adalah menyediakan batang pohon kambing yang akan dijadikan pakan alternatif.
  2. Setelah batang pohon pisang telah disediakan, cacah batang pohon pisang tersebut hingga berukuran kecil dan merata.
  3. Siapkan air yang telah dicampur dengan buah nanas sebanyak satu liter dan larutan air gula.
  4. Siapkan pula bekatul, ampas tahu dan wadah berukuran besar yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk pencampuran bahan.
  5. Masukkan semua bahan yang telah disediakan ke dalam wadah dan masukkan pula larutan gula beserta dengan air campuran nanas. Aduk semua bahan hingga tercampur sempurna dan biarkan selama 15 hingga 20 menit.
  6. Beri larutan air garam dan aduk kembali.
  7. Tutup campuran bahan dengan rapat agar bahan yang ditutup tidak mengurai dan diamkan selama seharian hingga fermentasi berjalan dengan baik.
  8. Setelah itu, pakan kambing siap untuk digunakan. Gunakan pakan alternatif yang selesai dibuat pada pagi hari dan sore hari.

Berbicara pakan alternatif, saat ini sudah mulai banyak variasi pakan alternatif untuk ternak. Pakan alternatif ini sebagai solusi untuk pemenuhan kebutuhan pakan. Terkadang stok pakan tidak selalau ada sehingga peternak memutar otaknya untuk membuat ramuan pakan alternatif.

Pakan ternak instan adalah pakan alternatif yang banyak digunakan oleh peternak

PT. Agro Apis Pallacio sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang peternakan telah membuat pakan alternatif. Pakan alternatif ini sering disebut sebagai pakan ternak instan karena pakan ini tinnggal diberikan saja keternak tanpa diproses lagi. Pakan ini sudah mengandung bahan baku pakan yang berkualitas dan sudah diukur kadar nutrisi dan kebutuhan setiap hewan untuk meningkatkan bobot badan.

Pakan ternak instan ini diformulasikan oleh ahli nutrisi pakan yang sudah berpengalaman dan pakan ini sudah diteliti di laboratorium dari Universitas ternama. Dengan pakan ini dapat dipastikan kenaikan berat badannya dapat meningkat dengan teratur karena asupan pakannya mempunyai komposisi yang baik.

Beda halnya jika ternak diberikan pakan seadanya maka kenaikan berat badannya bisa dipastikan tidak akan naik secara teratur. Kondisi ini sering ditemui oleh peternak pada umumnya. Pemberian pakan hanya ala kadarnya yang ada di kebun/ sawah sehingga nutrisi pakannya tidak terpenuhi. Kondisi ini membuat para peternak tidak mengalami keuntungan yang berarti karena masa pengemukannya lebih lama, biaya operasionapun semakin membengkak.

Pakan ternak instan membuat masa penggemukan lebih pendek karena asupan nutrisinya sesuai engan kebutuhan ternak, Dengan demikian masa pemeliharaan lebih pendek keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak.

Demikian informasi kami tentang   pakan alternatif untuk ternak kambing semoga memberikan manfaat untuk kemajuan ternak indonesia. Jika ingin mendapatkan informasi tentang pakan ini bisa menghubungi nomor 08121-3444-0557.