Pabrik Pakan Ternak Terbesar di Indonesia

Pabrik Pakan Ternak Terbesar di Indonesia. Pakanternakinstan.com.  Pabrik pakan ternak memiliki peran yang sangat besar dalam dunia peternakan. Apalagi mengingat banyak peternak yang belum dapat secara mandiri mengolah pakan untuk hewan ternaknya. Peternak dapat memperoleh bahan pakan dari distributor dan distributor sendiri mendapat bahan pakan ini langsung dari produsen atau pabriknya.

Di Indonesia sendiri terdapat tiga pabrik pakan yang besar dan namanya telah cukup terkenal.

Berikut akan dijelaskan satu per satu.

  1. Pertama ada Japfa Comfeed, atau yang memiliki nama resmi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Perusahaan satu ini tak sekedar memproduksi pakan, namun juga turut bergerak mulai dari hulu hingga hilir dalam segala urusan peternakan. Bisa dibilang perusahaan ini adalah perusahaan terintegritas di bidang peternakan serta terbesar yang ada di Indonesia. Perusahaan ini sendiri pertama berkembang pada 1971 dengan nama awal PT Java Pelletizing Factory. Perusahaan ini sendiri terbentuk sebagai patungan antara International Graanhandel Thegra NV of the Netherlands dan PT Perusahaan Dagang & Industri Ometraco. Perkembangan perusahaan ini terbilang pesat hingga menjelma menjadi salah satu perusahaan yang kekuatan finansialnya terbilang baik.
  2. Kedua ada Charoen Pokphand. Perusahaan satu ini merupakan perusahaan pabrik pakan ternak khusus unggas yang terbesar di Indonesia. Didirikan pada 1972, produk yang dikeluarkan antara lain adalah pakan ternak khusus ayam pedaging, pakan ternak khusus ayam petelur, pakan ayam buras, pakan ayam aduan, pakan itik petelur, pakan burung puyuh hingga pakan babi. Tiap jenis pakan untuk ternak tertentu akan memiliki kandungan formula yang berbeda serta disesuaikan dengan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk pakan ayam pedaging, misalnya, akan dibedakan ke dalam jenis pakan pre starter serta pakan ternak starter. Bentuknya dapat berupa crumble ataupun pellet. Sementara pakan ayam petelur dibedakan menjadi jenis pre starter, starter, grower serta laying phase. Pakan itik petelur akan diberikan saat sudah memasuki fase lying phase dengan bentuk crumble. Pakan burung puyuh khusus petelur yang telah memasuki fase produktif juga berbentuk crumble. Sedangkan untuk pakan babi berbentuk pellet serta berbau susu.
  3. Perusahaan pakan ternak lain ialah PT Cargill Indonesia atau biasa disebut Cargill saja. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1974 dan pabriknya ada di Bogor, Jawa Barat. Hingga saat ini Cargill telah memproduksi hingga 100 macam produk khusus pakan ternak unggas, babi serta ikan. Pabrik produksinya ada enam, yaitu di Sumatera Utara, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat serta Sulawesi Selatan. Produk pakan dari Cargill terutama terdiri dari campuran dasar, konsentrat hingga pakan lengkap yang bertujuan untuk memberi kesehatan hingga performa maksimal pada unggas. Cargill turut memprakarsai sejumlah program pelatihan ternak sejak tahun 2000 yang hingga kini telah diikuti hingga tidak kurang dari 20.000 peternak.

Tersebut diatas adalah perusahan dan  pabrik pakan ternak terbesar yang ada di Indonesia.

Saat ini sudah permunculan pabrik pakan alternatif

Berbicara tentang pabrik pakan ternak ada baiknya dapat melihat pakan alternatif selain pakan ternak pabrikan. Pakan ternak pabrikan memang mempuyai keuntungan mudah diperoleh dan mampu menggemukkan ternak secara cepat, namun tentu saja tidak lepas dari kandungan zat kimia yang dapat mengakibatkan kesehatan ternak dan kualiitas telur atau daging ternak itu sendiri. Tentu saja hasil keluaran ternak tersebut akan membahayakan orang yang mengkonsumsinya, karena proses pengemukan daging tidak normal  sangat tergantung dengan zat zat yang ada dalam kandungan pakan tersebut. Selain itu pakan pabrik relatif mahal dibandingkan dengan pakan alami.

Pakan alternatif sangat direkomendasikan untuk ternak kambing/domba, sapi atau jenis ruminansia lainya adalah pakan ternak instan. Pakan ternak instan ini kami buat sebagai keprihatinan kami kepada para peternak dalam memenuhi kebutuhan pakannya. Peternak saat ini masih tergantung dengan kondisi alam, jika masa penghujan persedian pakan sangat melimpah, jika pada masa kemarau maka peternak akan mulai kesulitan mencari pakan.

Pakan alternatif sangat direkomendasikan untuk ternak kambing/domba, sapi

Jika kondisi tersebut terus menerus terjadi maka akan sangat menggangu target pertumbuhan dan penggemukan ternak, sehingga secara waktu untuk target penggemukan lebih panjang dan tentu saja biaya operasional semakin panjang.

Ada beberapa peternak menggantungkan pakannya dari keluaran pabrik pabrik besar di Indonesia, namun tentu saja harga pakan lebih mahal sehingga biaya operasionalpun lebih banyak lagi.

Pakan yang kami  terbuat dari bahan bahan alami yang berkualitas baik dan telah diteliti di Laboratoriun Nutrisi Pakan Ternak IPB dimana masing masing unsur pakan dapat dan mampu meningkatkan bobot pakan secara cepat. Jadi memang produk kami layak untuk dicoba dan diberikan kepada ternak anda dan sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pakan ternak anda.

pabrik pakan ternak

 

Keunggulan -keunggulan pakan ternak instan tersebut adalah:

  1. Penambahan Berat / bobot Badan (PBB) sebesar 130 gr/hari

Pakan ternak instan telah terbukti mampu menaikkan bobot badan ternak kambing dan domba rata-rata 130 gr per hari. Pakan ternak instan      memberikan kepastian dalam kenaikkan bobot badan ternak,

  1. Umur simpan lebih panjang

Pakan ternak instan merupakan pakan yang dapat disimpan oleh peternak lebih dari 1 tahun. Hal ini tentunya memberikan kemudahan kepada peternak dalam mengatur stock pakan.

  1. Mudah diberikan

Pakan ternak instan ini berbentuk yang seperti granul sehingga memudahkan pemberian pakan ke ternak, dan mudah untuk ditakar, tanpa tambahan pakan lagi.

  1. Hemat Pekerja

Dengan menggunakan pakan ternak instan maka 1 orang pekerja dapat menangani lebih dari 150 ekor kambing atau domba.

  1. Kualitas Terjaga

Pakan ternak instan sudah teruji secara klinis di Laboratorium Institut Pertanian Bogor sehingga kualitasnya terkontrol dan terstandar. Hal ini memberikan kepastian kepada para peternak terhadap komposisi pemberian pakan ke hewan peliharaan sehingga peternak tidak bingung dengan komposisi yang berubah ubah

  1. Masa panen lebih cepat

Masa penggemukan cukup 90 hari saja, terbukti pakan ternak instan ini dapat meningkatkan bobot secara signifikan sehingga masa panennnya lebih cepat

pabrik pakan ternak

 

 

Produk kami sudah banyak digunakan oleh pengusaha peternakan dari berbagai daerah dan manca negara, mereka menyampaikan testimoninya bahwa pakan kami mampu meningkatkan bobot ternak secara cepat dan terukur, dan tentu saja lebih hemat harga pakan dan biaya operasionalnya, karena penggunaan pakan ternak instan ini dapat menghemat pekerja kandang.

Untuk mendapatkan info tentang pakan ternak instan ini, anda dapat mengunjungi laman kami atau menghubungi kami langsung di nomor 0821-3444-0557.