Macam – Macam Pakan Ternak Yang Sangat Direkomendasikan Untuk Penggemukan

Pada perkembangan usaha peternakan saat ini, macam – macam pakan ternak banyak kita temui seperti konsentrat, rumput, molases ( tetes ), bekatul, dedak, dll. Terpenting di dalam pakan ternak harus  memperhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tenak. Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut dapat membuat ternak dapat melakukan metabolisme  yang dapat digunakan sebagai dasar untuk hidup. Apabila nutrisi sebagai metabolisme tubuh terpenuhi dan tercukupi, makan kelebihan ini selanjutnya digunakan untuk reproduksi danpenghasil biomassa.

Macam – macam pakan ternak

Pakan dari hijauan menjadi pakan alami ternak untuk ruminansia yang sangat dipengaruhi oleh jumlah ketersediaan pakan di lapangan, yang akan melimpah ditemui dimusim penghujan. Terjun ke bisnis peternakan juga membutuhkan ilmu pengetahuan pakan selain dari pengalaman yang didapat, karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.

Macam – macam pakan ternak terdiri dari banyak jenis bahan makanan yang dapat digunakan sevagai bahan pakan ternak.  Bahan pakan ternak jterdiri dari 5 macam diantaranya :

  • Pakan Kasar
  1. Pakan Kasar merupakan pakan yang mengandung volume besar, tetapi berat dari setiap unit bervolume rendah. Makanan yang termasuk pakan kasar dapat berasal dari hijauan seperti :
  2. Daun leguminos
  3. Rerumputan, bisa dari rumput tanaman, rumput kolonjono, rumput benggala, rumput tuton.
  4. Sisa dari hasil panen seperti jerami kedelai, jerami padi, jerami kacang tanah, dan jerami jagung.

Kandungan dari bahan hijauan memiliki 18 % serat kasar, tetapi memiliki kandaungan energi yang rendah. Sumber nutrisi yang bagus adalah bahan dari hijauan dengan kandungan protein kasar sebanyak 20 % total bahan kering seperti eguminosa / kacang – kacangan.

Sementara pakan dari sisa hasil panen seperti jerami, hanya mempunyai kandungan protein kasar 3,4 % dari bahan kering. Untuk pakan dari bahan hijauan yang berasal dari rumput serta daun yang mempunyai kualitas bagus hewan ternak seperti sapi hanya bisa memproduksi  sekitar 70% dari kemampuan yang seharusnya.

Serat kasar yang tinggi khususnya untuk hewan ternak ruminansia sangat dibutuhkan dalam hal merangsang rumen serta dapat menentukan kadar lemak susu.

  • Pakan Konsentrat ( Penguat )

Pakan Konsentrat merupakan pakan ternak yang mempunyai kandungan serat kasar rendah dibawah 18 %. Kandungan nutrisi pada pakan ini berupa energi dan juga protein. Perbedaan terdiri dari 2 macam seperti :

  1. Konsentrat untuk sumber protein memiliki kadar protein lebih dari 20%
  2. Konsentrat untuk sumber energi memiliki kadar protein kurang dari 20 %

Konsentrat sebagai suatu bahan pakan ternak yang bisa diberikan bersama dengan bahan pakan lainnya sehingga dapat meningkatkan jumlah gizi yang terdapat pada pakan ternak yang dicampurkan sebagai pakan pelengkap.

  • Pakan Fermentasi

Pakan Fermentasai merupakan hasil dari suatu porses amoniasi atau peragian. Bertujuan untuk memanfaatkan pengawetan kandungan gizi yang terdapat pada pakan hjauan maupun bahan pakan lain yang bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama, tanpa mengurangi jumlah nutrisi didalamnya.

  • Vitamin

Vitamin memiliki peran penting untuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan, juga menjaga fungsi alami dari sistem tubuh pada hewan ternak. Ada vitamin yang larut dalam air seperti : vitamin B kompleks, B6, B12, biotin, kholin, niacin, juga inondol. Ada juga vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K.

  • Mineral

Mineral atau zat garan juga dibutuhkan untuk hewan ternak perah.

  • Pakan Tambahan

Pakan tambahan aalah pakan yang bisa dipakai sebagai tambahan dan bukan sebagai konsumsi pokok untuk hewan ternak. Pakan tambahan ini adalah bahan yang tidak bernutrisi, tetapi berfungsi utnuk kesehatan dapat mencegah penyakit, maupun untuk menyembuhkan hewan ternak.

Macam – macam pakan ternak  dari 5 jenis bahan pakan yang kami sampaikan diatas dapat menjadi informasi tambahan untuk terjun ke bisnis peternakan dan semoga bermanfaat.

Baca juga:

Macam – macam pakan ternak mulai banyak digunakan adalah pakan jenis komplit dimana seluruh  unsur  yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ternak sudah ada dalam satu pakan. Dengan pakan ini peternak dimudahkan sekali karena sudah tidak perlu ngarit, mencari rumput, mencampu rumput dan mengolahnya. Pakan ini sangat meringankan beban pekerjaan peternak karena dapat mengurangi kegiatan mencari pakan yang mayoritas menyita waktu paling banyak dalam kegiatan beternak.

Pakan komplit pakan ternak instan paling direkomendasikan oleh ahli peternakan

Yang lebih menguntungkan lagi dengan pakan ni dapat meningkatkan bobot pakan dengan cepat sekali dibandingkan dengan pakan yang lazim diberikan ke ternak baik sapi, domba, kambing.

Jika ingin mendapatkan informasi tentang pakan ini ada baiknya mengunjungi pakanternakinstan.com atau menghubungi 0821-3444-0557. Selamat mencoba.