Tambahkan Konsentrat Kambing Agar Cepat Gemuk

Jika Anda seorang peternak kambing, sapi, ataupun domba, cobalah untuk menambahkan konstentrat kambing maupun konsentrat hewan lainnya pada pakan ternak. Hal ini bisa menambah nilai gizi pakan, sehingga hewan ternak Anda bisa lebih sehat dan kebutuhan gizinya terpenuhi.

Selain pakan utama, konsentrat juga menjadi unsur penting dalam menunjang pertumbuhan hewan ternak. Konsentrat bisa Anda buat sendiri maupun beli yang sudah jadi. Pada konsentrat kemasan, komposisi tiap bahannya sudah diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan gizi. Berikut penjelasannya.

konsentrat kambing

Konsentrat Domba

Domba, sapi, dan kambing menjadi jenis hewan ternak yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hal ini didukung oleh melimpahnya sumber pakan utama berupa rumput segar. Namun, pada musim kering tiba, rumput seringkali sulit ditemukan, maka di sinilah peran konsentrat dianggap sangat penting.

Konsentrat kambing adalah pakan tambahan yang diberikan kepada hewan ternak untuk meningkatkan nilai gizinya. Konsentrat diberikan disamping makanan utamanya. Konsentrat ini biasa juga dipilih untuk meningkatkan bobot hewan ternak. Terlebih untuk hewan ternak potong yang akan dikonsumsi.

Pakan Konsentrat Kambing

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan konsentrat kambing, domba, maupun sentrat sapi tidaklah jauh berbeda, yang membedakan adalah ukuran porsinya. Di bawah ini disajikan cara membuat konsentrat kambing, berikut langkah-langkahnya:

  1. Sediakan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan
  2. Campur bahan-bahan secara berlapis
  3. Mulai dari menambahkan bahan karbohidrat (tumpi jagung) sebanyak 25%
  4. Siram dengan fermentor
  5. Tambahkan pollard sebanyak 20%
  6. Tambahkan kulit kopi sebanyak 15-20%
  7. Tambahkan tepung biskuit sebanyak 20%
  8. Siram kembali dengan larutan fermentor
  9. Tambahkan ampas tahu sebanyak 15%
  10. Tambah bungkil kopra
  11. Tambahkan kembali pollard sebagai lapisan terakhir

Setelah semua bahan ditambahkan, aduk sampai benar-benar merata dimulai dari bagian pinggir. Setelah tercampur merata, masukkan ke dalam karung dan mulai proses fermentasi selama 4 hari.

Cara pemberian konsentrat pada kambing dibedakan dari usianya. Untuk domba yang usianya masih 5 bulan, diberikan konsentrat sebanyak 2 ons per hari.

konsentrat kambing

Harga Konsentrat Kambing

Konsentrat kambing juga kini sudah banyak dijual di beberapa marketplace ternama. Harga dan ukuran  yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari kemasan kecil sampai kemasan karung besar.

  • Konsentrat 40 – 50 kg: Rp 150.000 – Rp 400.000
  • Konsentrat 5 kg : Rp 25.000 – 40.000

Komposisi Konsentrat Kambing

Komposisi yang terkandung dalam konsentrat kambing domba cukup beragam, disesuaikan dengan kebutuhan gizinya. Berikut diantaranya:

  • sumber karbohidrat : pollard/dedak/tepung biskuit
  • sumber protein : ampas tahu/bungkil kopra/bungkil kedelai
  • sumber vitamin dan mineral: premix
  • bahan fermentor : campuran probiotik dan molasses (perbandingan 1:10 – 1:20)

Konsentrat Kambing Super

Konsentrat yang baik adalah konsentrat yang sehat dan memenuhi kebutuhan pakan hewan ternak. Sebelum membeli, cek terlebih dahulu komposisi yang tertera, apakah sudah memenuhi atau belum. Konsentrat kambing sapi super mako SP bisa Anda jadikan pilihan.

konsentrat kambing

Jual Konsentrat Kambing

Konsentrat sebenarnya bisa dibuat sendiri, yang terpenting adalah kesiapan bahan-bahannya. Anda juga bisa membelinya di toko peternakan maupun marketplace. Harga yang ditawarkan cukup beragam, bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Konsentrat ini biasa dijadikan pakan tambahan kambing perah, kambing etawa, domba, dan sapi potong. Karena konsentrat ini merupakan hal yang mudah ditemukan, Anda bisa mendapatkannya di toko pakan ternak terdekat.

Bagi Anda yang berlokasi di sekitar Jogja, Jateng atau Jatim konsentrat kambing bisa didapatkan di sekitar Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Sragen, Wonogiri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Kediri, dan Tulungagung.