Mengoptimalkan Komposisi Pakan Ternak Sapi agar Cepat Gemuk

Mengoptimalkan Komposisi Pakan Ternak Sapi agar Cepat Gemuk.  Pakanternakinstan.com. Komposisi pakan ternak sapi dapat dilakukan dengan strategi yang dapat kita terapkan pada semua sistem usaha yang ada dipeternakan. Besarnya tingkat permintaan daging sapi yang ada di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Oleh karena itu perkembangan perekonomian nasional juga mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan penduduk.

Komposisi pakan ternak sapi
Komposisi pakan ternak sapi

Padang rumput tidak tersedia di semua wilayah yang ada di Indonesia untuk menggembalakan ternak sapi. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pemanfaatan secara optimal ketersediaan bahan pakan ternak dihasilkan dari pertanian, agroindustri, serta perkebunan.

Untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan akan daging serta mendukung adanya program swasembada daging sapi, para peternak diharuskan dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil produksinya. Dari usaha tersebut akan dapat meningkatkan posisi tawar dan dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Bahan – bahan yang dipersiapkan sebagai formula dalam penyusunan pakan sapi :

  1. Onggok kering : 5%
  2. Kulit kacang halus : 5%
  3. Tumpi kedelai : 10%
  4. Bungkil sawit : 20%
  5. Dedak bekatul kasar : 10%
  6. Batang jagung & buahnya umur sekitar 65 hari : 50% potong dengan kecil – kecil ukuran 2 cm
  7. Bactery fml atau starbio
  8. Molases atau tetes tebu murni
  9. Air bersih

Cara membuatnya bisa dilakukan dengan tahap :

  1. Mencampur air bersih sebanyak 175 liter dengan molases / tetes murni sebanyak 25 lite, kemuadian tuangkan bactery fml 10 liter, diamkan selama 3 hari dengan kondisi kedap udara / tertutup rapat
  2. Timbang secara tepat bahan 1 – 6 aduk secara rata dengan mixer atau manual
  3. Siram larutan fermentasi ( tahap 1) ke material ( tahap 2), sampai mencapai kadar air 20%
  4. Masukkan semua bahan yang sudah di fermentasi ke dalam wadah dan tutup rapat. Jangan kemasukan udara, diamkan selama 4 – 7 hari
  5. Material yang sudah terfermentasi tadi akan baik dan menghasillkan bau yang harum dan manis
  6. Setelah pakan dipastikan berbau harum, berarti proses telah selesai dan siap diberikan untuk makanan ternak.

Cara pemakaian : berikan pada ternak sapi 15 – 25 kg / hari untuk satu ekor ternak.

 

Komposisi pakan ternak sapi dapat kita bedakan berdasarkan dari jenisnya yang terdiri dari :

  • Sumber protein

Jenis pakan ternak yang terdapat didalamnya sumber protein sebagai pakan ternak yang mempunyai kandungan protein 20% baik dari hewani maupun dari tumbuhan

Untuk jenis pakan itu sendiri berasal dari hijauan seperti : daun pisang, daun nangka, daun ketela, serta bungkil limbah.

  • Sumber energi

Jenis pakan yang memiliki kandungan energi yang tinggi seperti kelompok serealia dari jagung, gandum, serta sorgun. Sementara dari umbi seperti ketela rambat, ketela pohon dll.  Sumber neergi dari rerumputan seperti rumput gajah, rumput benggala dll

  • Sumber vitamin dan juga mineral

Pakan ternak yang berasald dari semua tanaman maupun hewan yang terdapat sumber vitamin serta mineral yang bisa memberikan tambahan sumber mineral dan vitamin yang dijadikan campuran untuk pakan.

Dalam proses penyusunan ransum kita harus pandai dalam mengkombinasikan jenis – jenis bahan pakan yang dapat digunakan, sehingga dapat diperoleh nilai nutrisi ransum untuk pakan ternak sapi yang seimbang. Tujuan penyusunan ransum untuk ternak sapi dapat menentukan apakah akan dipakai sebagai ransum berenergi tinggi, berguna untuk memacu pertumbuhan sapi. Pemilihan ransum berprotein tinggi yang dapat memacu perototan dan performance tampilan fisik yang bagus.

Komposisi pakan ternak sapi sebagai bahan baku untuk ransum ternak, akan sangat menentukan dalam upaya keberhasilan suatu peternakan. Pemilihan pakan yang tepat akan sangat mempengaruhi kualitas dan peningkatan berat badan ternak itu sendiri.

Pembuatan dan penentuan komposisi pakan sangat mempengaruhi keberhasilan dalam menggemukan ternak.

 

Komposisi pakan ternak sapi

Terkadang kurangnya pemahaman peternak tentang ilmu pakan maka usaha penggemukan tidak terlalu optimal.  Butuh waktu yang lebih lama untuk menggemukan ternak. Jika kita mengetahui ilmu tentang pakan maka kita bisa menyusun komposisi pakan yang dapat meningkatkan produktifitas pertumbuhan ternak.

baca juga

Jika anda mengalami kesulitan untuk menyusun komposisi pakan  yang tergolong sulit jika tidak mengetahui dasar ilmu tentang pakan. Kami adalah produsen pakan jeni komplit dimana pakan kami sudah mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin.  Kompisisi pakan ini sudah terukur dan standar sehingga ternak dapat bertumbuh sesuai dengan targetnya.

Untuk mendapatkan informasi tentang pakanternakinstan.com secara lengkap, dapat  menghubungi nomor 0821-3444-0557.