Klasifikasi Bahan Pakan Ternak untuk Membuat Komposisi Pakan Terbaik

Klasifikasi Bahan Pakan Ternak untuk Membuat Komposisi Pakan Terbaik. Pakanternakinstan.com.  Klasifikasi bahan pakan ternak ditentukan dari kandungan nutrisi atau komposisi zat kimianya. Pakan sendiri adalah bahan makanan campuran maupun tunggal yang baik diolah maupun tidak diolah, yang akan diberikan kepada hewan ternak. Fungsi pakan sendiri untuk berproduksi, berkembang biak dan untuk kelangsungan hidup ternak.

Klasifikasi bahan pakan ternak

Sementara bahan pakan adalah asupan bahan hasil dari perikanan, pertanian, peternakan, maupun bahan lainnya yang bagus diberikan untuk pakan, baik dalam bentuk olahan maupun belum diolah. Ternak menjadi peluang bisnis baru yang banyak diminati oleh banyak orang. Harga daging yang ada dipasaran dari tahun ke tahun mengalami peningkatan harga yang signifikan. Hal ini tentunya akan sangat mengiurkan untuk terjun ke dalam bisnis peternakan, terutama harga akan naik dihari – hari tertentu seperti : Hari Raya Idul Adha.

Klasifikasi bahan pakan ternak dapat kita bedakan berdasarkan kandungan nutrisinya sebagai berikut :

  • Sumber Energi

Dapat dikatakan sebagai sumber energi apabila bahan makanan itu mengandung unsur nutrisi terbesar berupa energi, dan unsur kecil lainnya yang bersifat sebagai pelengkap saja.

Bahan makanan sebagai sumber energi terdapat pada : biji – bijian serta limbah prosesing dari bijian itu sendiri. Kelompok ini  biasanya dengan kandungan protein kasar kurang dari 20%, serat kasar kurang 18%, dinding sel kurang dari 35 %. Contoh : sorgum putih, onggok, tetes, bekatul,sorgum coklat, tepung daun pepaya, ampas kelapa, biji bunga matahari, biji jagung.

  • Sumber Protein

Merupakan pakan dengan kandungan protein kasar sekitar 20% yang terdapat dapatumbuhan maupun hewan. Bahan pakan dari hewan termasuk juga silase, bungkil – bungkilan, dan bahan lainnya. Semisal bungkil kelapa. Bungkil kelapa adalah ampas dari proses pembuatan minyak kelapa, dengan kandungan gizi antara lain : lemak sebesar 9,44 %, protein 17,09%, abu 5,92%, karbohidrat 23,77 %, air 13,35 %, serat kasar 30.4%. merupakan limbah dari proses pembuatan minyak kelapa yang menjadi bahan makanan yang biasa diberikan kepada hewan ternak. Contoh lainnya : kulit kacang tanah, tepung turi, biji kacang hijau, kulit ari tempe, tepung ikan, tepung daun lamtoro.

Meliputi semua bahan yang terkandung banyak mineral dan juga fosfor didalamnya. Bahan yang terkandung dalam bahan ini diantaranya adalah : premik, tepung batu, ultra mineral, dan juga tepung tulang. Kalium dan juga fosfor menjadi unsur mikro yang penting karena alasan diantaranya kalisium sangat dibutuhkan ternak utnuk pembentukan tulang dan juga proses pertumbuhan. Hewan ternak tersusun dari 70 % – 80 % Ca dan P. Bila kurang Ca dan P maka, pertumbuhan hewan ternak menjadi terhambat, produksi telur serta daging akan menurun , dan tulang menjadi mudah patah. Contoh : garam, tepung vangkang kerang, ultra mineral.

  • Sumber Vitamin

Merupakan bahan pakan yang mencukupi kandungan vitaminnya. Tidak ada satu bahan pakan yang termasuk di dalam kelas ini, hanya saja vitamin banyak terdapat pada hijauan. Kekurangan dalam pemberian vitamin pada ternak akan membuat ternak mudah terserang penyakit. Jenis vitamin ada 2 yaitu : larut dalam air, dan vitamin yang tidak larut dalam air. Contoh : jeruk nipis, vita chicks.

  • Sumber Aditif

Adalah bahan yang kita tambahkan kedalam pakan ternak, dengan jumlah sedikut untuk tujuan tertentu. Bahan aditif akan digunakan untuk meningkatkan kualitas produk. Contoh : cuka dixsi, irea, jahe, kunyit, cuka, temulawak.

Klasifikasi bahan pakan ternak berdasarkan asalnya, bentuk fisiknya dan juga jenis kandungan yang terdapat didalamnya. Sementara komponen bahan makanan itu sendiri mengandung air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral.

Baca juga:

Jika anda sedang mencari pakan ternak yang mengandung klasifikasi bahan pakan ternak seperti tersebut diatas, anda akan menjumpai di pakan ternak instan. Pakan ternak instan sudah mengandung berbagai nutrisi pakan yang dapat meningkatkan bobot secara signifikan. Pakan ini merupakan jenis pakan kompit dimana sumber pakan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral sudah jadi satu. Hal ini sangat memudahkan peternak untuk mendapatkan sumber pakan yang terbaik untuk ternaknya.

Prospek penggunakan pakan komplit dimasa yang akan datang

Dengan memberikan pakan ini maka akan mengurangi biaya operasional sehari hari karena pakan ini tinggal dberikan saja ke ternak tanpa proses mencari dan mengolahnya. Pekerja kandang dalam kesehariannya tinggal memberikan pakan sesuai jadwalnya saja. Cukup efisien untuk diterapkan dalam peternakan tradisional maupun modern.

Unuk mendapatkan pakan ini cukup mudah yaitu dengan mengunjungi laman kami atau menghubungi nomor 0821-3444-0557.