Mengetahui Kandungan Nutrisi Pakan Ternak Kambing Untuk Menggemukkan Ternak

Mengetahui kandungan nutrisi pakan ternak kambing Untuk menggemukkan ternak.  Pakanternakinstan.com. – Tabel kandungan biasanya anda temukan dibalik kemasan makanan, makanan untuk manusia. Lalu bagaimana bila ingin mengetahui kandungan nutrisi pakan ternak kambing?  Kalau anda membuat pakan ternak sendiri atau mencari sendiri di lahan, tentu anda akan kesulitan untuk mengetahui kandungan nutrisinya. Padahal dalam usaha peternakan, pemilihan jenis pakan sangatlah penting terutama bagi anda yang ingin menggemukkan kambing. Selain itu, pakan ternak memiliki biaya yang paling besar dibandingkan biaya operasional lainnya. Oleh sebab itulah sangat penting untuk bisa menentukan pakan ternak dengan kandungan nutrisi yang bagus namun dengan harga yang jauh lebih murah.

kandungan nutrisi pakan ternak kambing
kandungan nutrisi pakan ternak kambing

Pemilihan pakan ternak akan menentukan keberhasilan untuk menggemukkan ternak kambing anda. Akan lebih mudah lagi bila anda bisa mengetahui kandungan nutrisi pakan ternak kambing, namun sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, pertama-tama mari bahas nutrisi apa saja yang penting dan dibutuhkan oleh kambing.

Kandungan Nutrisi Pakan Ternak Kambing yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kambing:

  1. Energi, pakan ternak yang mengandung banyak energi adalah pakan ternak yang mengandung protein <20%, serat kasar <18% dan dinding selnya <35%. Contoh pakan ternak ini adalah kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, buah-buahan dan juga limbah sisa penggilingan. Selain itu, pakan ternak yang bisa memberikan banyak energi untuk kambing adalah jagung, sorgum, talas, rumput gajah, rumput benggala dan juga ketela rambat.
  2. Karbohidrat, pakan ternak yang mengandung karbohidrat pasti adalah pakan ternak yang juga memberikan sumber energi pada kambing. Contoh dari pakan ternak tersebut adalah gandung, jagung putih maupun kuning, bekatul, dedak pasir, dedak halus, sorgum, onggok, ubi kayu, sagu dan juga ubi jalar.
  3. Lemak sangat penting untuk menyusun membran sel pada tanaman, mikroba dan juga hewan. Walaupun tidak larut dalam air, namun lemak larut pada pelarut non polar seperti alkohol. Pakan ternak yang mengandung banyak lemak adalah minyak sawit, minyak kedelai, minyak bekatul, minyak kelapa dan minyak jagung.
  4. Protein biasanya berasal dari hewan seperti ikan ataupun tumbuhan seperti bekatul dan bungkil. Untuk pakan ternak yang mengandung protein adalah daun ketela rambat, ganggang, daun nangka, daun turi, bungkil limbah dan kaliandra lamtoro. Sedangkan pakan ternak dari hewan yang mengandung protein adalah tepung keong mas, tepung ikan, tepung limbah pengolahan udang. Untuk daun-daunan, anda bisa menemukannya pada daun pisang, daun nangka dan daun ketela rambat.
  5. Mineral bisa anda temukan pada garam dapur, kapur, kulit bekicot, tepung ikan, kulit kerang dan juga kulit ikan.
  6. Vitamin bisa anda temukan di umbi-umbian dan juga pakan ternak hijau.
  7. Air

Baca juga:

Untuk mengetahui kandungan nutrisi pakan ternak kambing, anda bisa mengacu pada penjelasan di atas. Misalnya saja anda membutuhkan 7 kandungan nutrisi untuk pakan ternak anda, maka berikanlah ternak anda pakan ternak yang mengandung 7 nutrisi tersebut. Misalnya saja anda memberikan umbi-umbian (mengandung energi, karbohidrat dan vitamin), bungkil sawit (mengandung lemak), bungkil kelapa (mengandung protein), garam dapur (mengandung mineral) dan juga beri air minum. Dengan begitu anda sudah memberikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh kambing.

kandungan nutrisi pakan ternak kambing

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di internet. Dengan perkembangan teknologi yang lebih maju, anda lebih mudah untuk mencari segala informasi yang anda butuhkan. Manfaatkanlah kemajuan teknologi ini untuk kemajuan usaha peternakan anda. Kalau anda tidak ingin ribet, anda masih punya opsi lainnya, yaitu membeli pakan ternak yang sudah jadi di toko.

Kunci keberhasilan peternakan adalah dengan diberikan pakan yang tepat. Kesulitan yang dialami oleh peternak adalah ketidak tahuan tentang nutrisi dan bahan pakan yang mengandung nutrisi yang baik. Kondisi ini membuat banyak peternak yang merugi karena antara pakan yang diberikan dan hasil penggemukkanya tidak maksimal.

Nah berbicara dengan pakan yang baik adalah dengan memberikan pakan komplit dari pakan ternak instan. Pakan ini diformulasikan oleh ahli nutrisi pakan dengan memilih bahan pakan tepat. Pakan ini sangat tepat untuk ternak tanpa bingung lagi membuat komposisi pakan. Pakan ini dapat memberikan kepastian kenaikan berat badan dengan cepat dibandingkan dengan pakan lainnya. Pakan ini sangat praktis untuk diberikan ke ternak tanpa diproses terlebih dahulu. Pakan ini  sangat cocok untuk sapi, domba, kambing.

Bagi yang ingin mendapatkan pakan ini dapat menghubungi di nomor 0821-3444-0557.