Jual Pakan Ternak Sapi Potong Paling Murah dan Lengkap

Jual Pakan Ternak Sapi Potong Paling Murah dan Lengkap. Pakanternakinstan.com. Pakan ternak sapi potong saat ini harus memperhatikan kualitas yang terkandung didalam pakan ternaknya. Kandungan gizi serta nutrisi untuk ternak sapi harus memenuhi sumber protein, sumber energy, sumber serat kasar, sumber mineral, serta vitamin. Apabila kandungan gizi terpenuhi maka ternak sapi juga bisa tumbuh secara optimal.

Jual pakan ternak sapi potong

Pakan merupakan gabungan yang terdiri dari beberapa bahan yang telah disusun dengan formulasi tertentu, untuk mencukupi kebutuhan ternak selama sehari, serta tidak menganggu kesehatan dari ternak itu sendiri. Jenis pakan yang diperlukan harus memenuhi zat nutrien. Pakan untuk ternak harus memenuhi unsure untuk hidup pokok, produksi, dan juga reproduksi.

Semakin tinggi kandungan protein dalam pakan maka harga pakan semakin mahal begitu juga sebaliknya. Dalam usaha peternakan pakan mendapatkan perhatian khusus karena kualitas dan harga pakan sangat berkaitan erat dengan protein dalam pakan tersebut. Pemberian pakan yang rendah protein akan menurunkan produksi ternak, juga kelebihan protein akan dirubah sebagai energy sehingga tidak efisien.

Jual pakan ternak sapi potong saat ini terdiri dari pakan hijauan dan pakan konsentrat. Pakan utama / pakan pokok berupa rumput, legum, perdu, pohon-pohonan, serta memanfaatkan sisa panen. Sementara pakan konsentrat juga berupa biji-bijian, bekatul, bungkil, serta tepung ikan.

Bahan baku yang tepat untuk memenuhi 5 poin tersebut terdiri dari :

  1. Onggok kering merupakan limbah industri singkong yang sering kita sebut dengan limbah tapioka atau onggok. Sebelum diberikan pada ternak harus melalui proses pengolahan dulu, sehingga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Harga Rp. 3.000/kg
  2. Pollard merupakan hasil samping dai suatu proses penggilingan gandum menjadi tepung terigu. Kandungan yang terdapat didalamnya ada pati dan protein yang tinggi, sehingga sangat ideal untuk dijadikan bahan pakan ternak baik unggas maupun ruminansia. Harga Rp. 2.700/kg
  3. Bungkil sawit merupakan salah satu bagian hasil pemrosesan inti sawit yang berasal dari daging sawit + batoknya. Unsur kimia yang ada didalamnya mempunyai protein 14-17%, serat kasar 12-18%, lemak 10.5%, sehingga sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Harga   1.900/kg.
  4. Molasses atau sering disebut tetes tebu merupakan cairan hasil sampingan yang didapat dari pengolahan gula, dengan cara kristalisasi berulang. Asal kata molasses dari bahasa latin yang artinya madu. Kandungan Molasses mempunyai protein kasar 3,1%, lemak kasar 0.9%, betn 83.5%, dan abu 11.9%. Harga Rp. 15.000/kg
  5. Kulit kopi merupakan limbah sampingan dalam proses pengolahannya. Berdasarkan penelitian dari Balai Penelitian Ternak Deptan kulit kopi ini bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak ruminansia. Kandungannya didalamnya ada protein 8% – 10%. Harga Rp. 1.800/kg.

Pemilihan jenis bahan baku pakan sangat mempengaruhi kualitas pakan

Ternak sapi pada dasarnya merupakan hewan herbivora yang makanan utamanya rumput atau hijauhan. Untuk mempercepat proses penggemukan serta pertumbuhan yang optimal, memerlukan kombinasi dengan tambahan pakan yang mengandung konsentrat sehingga hewan ternak seperti sapi akan menjadi sehat.

Usaha ternak sapi akan kemberikan keuntungan sangat besar terutama saat – saat tertentu seperti Hari Raya Idul Adha. Tingginya harga untuk daging sapi dibandingkan ternak lain, tentunya akan sangat mengiurkan untuk masyarakat umum, untuk memulai berbisnis diusaha peternakan. Tentunya dengan banyaknya peternakan faktor utama adalah pakan ternak itu sendiri juga tentunya  akan menerima imbas yang baik pula.

Beberapa sumber bahan pakan yang bisa dijadikan bahan baku, dengan harga lebih murah dan bisa kita buat sendiri dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti :

  1. Tepung onggok
  2. Tepung bungkil kedelai
  3. Tepung gaplek
  4. Tepung bungkil kelapa sawit
  5. Tepung bungkil kopra (cocopeat)
  6. Molase
  7. Tetes tebu

Jual pakan ternak sapi potong menjadi sesuatu yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan, sedag menyusui, hingga tidak jenuh dan terjaga kualitas maupun kuantitasnya. Pakan ternak dari fermentasi tidak kalah dengan pakan yang biasanya dari rumput dan daun –  daun hijauan lainnya.

Baca juga:

Jika anda mencarai informasi yang Jual pakan ternak sapi potong kami rekomendasikan pakan ternak jenis komplit atau complete feed dari pakanternakinstan.com.

 

Jual pakan ternak sapi potong

 

Mengapa harus pakan ternak instan?

Mengapa kami sarankan untuk menggunakan pakan ternak instan ini karena semua bahan pakan yang dibutukan untuk ternak dlaam pertumbuhan dan perkembangannya sudah ada dalam satu pakan, jadi peternak tidak perlu mencari, membuat pakan, mengukur komposisinya juga.

Bagi peternak yang tidak mengetahui tentang pakan komplit/ complete feed merupakan pakan ternak yang lengkap dimana bisa melengkapi dan memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan ternak selama satu hari(24 jam). Pakan komplit ini adalah kombinasi, campuran, gabungan dari pakan hijauan, kosentrat yang berprotein tinggi, pakan yang berserat, dan pakan suplemen. Jadi dalam satu pakan sudah mengandung nutrisi yang diperlukan oleh ternak. Pakan ternak insta ini sudah diuji proximat di labolatoriaum Institute pertanian Bogor.

Pakan ternak instan ini sudah banyak digunakan oleh peternak karena ternyata memiliki banyak keunggulan, diantaranya;

  1. tidak perlu memperkerjakan orang banyak untuk mencari dan memelihara ternak,
  2. waktu yang dibutuhkan untuk masa pengemukan lebih sedikit
  3. kualitas dan komposisi pakannya sudah terukur sehingga target penggemukan akan berjalan seperti yang diinginkan.

Untuk mendapatkan pakan ini sangat mudah yaitu dengan langsung menghubungi nomor 0821-3444-0557, pakan akan bisa kami kirim ke alamat pemesan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kemajuan peternakan di Indonesia.