2 Inovasi Pakan Ternak Sapi Untuk Peternak Indonesia

2 Inovasi Pakan Ternak Sapi Untuk Peternak Indonesia. Pakanternakinstan.com. Usaha ternak sapi atau penggemukan sapi adalah usaha yang cukup menggiurkan, selain pekerjaan yang tidak membosankan, ternak sapi memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Kondisi ini diperkuat bila setiap sapi yang anda miliki gemuk-gemuk berkat inovasi pakan ternak sapi yang modern. Tingkat konsumsi daging sapi di Indonesia cukup tinggi, terbukti dari pemerintah yang melakukan impor sapi dari Australia.

Dengan tingkat konsumsi yang tinggi, pasokan daging sapi belum seimbang. Bayangkan saja, dengan kebutuhan yang tinggi akan daging sapi, kalau anda terjun dalam usaha ternak sapi, kemungkinan kecil anda akan gulung tikar karena demand nya tinggi. Menurut data dari BPS atau Badan Pusat Statistik 2016, konsumsi daging sapi perkapita adalah 0,417 kg.

inovasi pakan ternak sapi

Untuk itulah, anda bisa melakukan penggemukan ternak sapi anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Dan untuk melakukan penggemukan, anda tidak bisa menggunakan sembarangan pakan ternak. Saya sarankan lebih baik anda melakukan inovasi pakan ternak sapi untuk mendapatkan hasil yang bagus. Anda bisa mencontohnya dari peternak sapi lainnya yang sudah melakukan inovasi.

2 Inovasi Pakan Ternak Sapi Untuk Peternak Indonesia

  1. Di Lampung Selatan, pemerintah desanya mengembangkan potensi dalam pembuatan pakan ternak hasil fermentasi untuk penggemukan sapi. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pakan ternak fermentasi bisa didapatkan dengan mudah, anda bisa menggunakan jerami, jagung dan juga singkong. Tidak hanya mudah dibuat, pakan ternak hasil fermentasi ini bisa bertahan hingga 2 – 3 tahun jadi tidak perlu khawatir pakan ternak anda habis karena pakan ternak hijau biasanya sulit dicari pada musim kemarau. Yang bagus lagi dari pakan ternak fermentasi ini adalah kandungan nutrisinya, jadi sapi bisa cepat gemuk tapi dengan cara yang sehat karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Cara membuat pakan ternak fermentasi ini cukup gampang, anda bisa menggunakan batang atau kulit singkong, rumput gajah dan janggel jagung, campur dengan cairan molase garam dan dedek pagi. Untuk 50 ekor sapi, anda harus menyiapkan 2 ton pakan fermentasi, yang mana sapi umur 5 bulan hingga 1 tahun membutuhkan 4 – 5 kg dan sapi umur  1 – 8 tahun membutuhkan 8 – 10 kg pakan.
  2. Inovasi pakan ternak sapi lainnya berasal dari peneliti Indonesia yang khawatir dengan adanya pemanasan global, yang mana sapi dapat membuat bumi menjadi semakin panas akibat produksi gas metana. Salah satu inovasi yang didapatkan adalah pakan ternak sapi yang berasal dari rumput yang bisa tumbuh di lahan kering. Pengembangan ini dilakukan dengan mengingat bahwa satu ekor sapi dapat menghasilkan 300 – 500 L gas metana per harinya. Teknologi ini bertujuan untuk mengurangi gas metana yang dihasilkan oleh sapi dari proses konsumsi pakan ternak. Manajemen pakan ternak yang kurang baik dapat memberikan dampak buruk terhadap bumi ke depannya. Apalagi 90% peternak sapi di Indonesia dijalankan dengan cara tradisional yang belum memperhatikan dampaknya terhadap pemanasan global. Teknologi pangan yang dikembangkan para peneliti ini adalah sisa kelapa sawit yaitu pelepahnya. Diketahui bahwa pelepah sawit memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk sapi. Apabila teknologi yang dikembangkan ini dapat berjalan alias berhasil, maka para peternak sapi Indonesia bisa mendapatkan manfaat karena bisa mendapatkan sapi berkualitas tinggi.

Dua inovasi di atas tentu sangat menarik walaupun salah satunya masih belum bisa anda terapkan langsung karena masih menunggu hasil penelitian tersebut. Walaupun begitu, anda masih bisa mencoba inovasi yang satunya lagi bukan?.

inovasi pakan ternak sapi
inovasi pakan ternak sapi

baca juga:

PT. Agro Apis Palacio membuat inovasi pakan ternak sapi yang sudah sangat lengkap nutrisinya tanpa repot lagi membuat formulasi pakan

Dengan melihat kondisi dunia peternakan yang semakin luas dan peluang permintaan pakan yang sangat besar, maka kami PT. Agro Apis Palacio membuat inovasi pakan ternak sapi yang sudah sangat lengkap nutrisinya tanpa repot lagi membuat formulasi pakan. Pakan ini terkenal dengan brand MIO OPTIMA. Mio optima ini sudah mengandung nutris lengkap terdiri protein yang baik, karbbohidrat, serat kasar, vitamin dan mineral yang sangat cukup. Pakan ini sudah digunakan peternak sapi skala kecil maupun besar di jawa, maupun luar jawa bahkan sampai di luar negeri. Formulatir pakan kami ini adalah seorang ahli nutrisi pakan dari universitas negeri ternama dalam dunia pertanian dan peternakan.

Untuk mendapatkan informasi pakan komplit sebagai  inovasi pakan ternak sapi kami ini. anda bisa menghubungi di nomor 0821-3444-0557.