Harga Bibit Kambing Terkini Dan Paling Murah

Harga bibit kambing terkini dan paling murah.Pakanternakinstan.com. Harga bibit kambing adalah informasi yang selalu dicari cari oleh masyarakat karena seiring dengan perkembangan dari waktu ke waktu, bisnis kambing sangat diminati masyarakat umum. Bisnis peternakan saat ini menjadi trend lagi karena banyaknya pengangguran yang ada di negara kita, ada yang binggung mau memulai bisnis apa, dll. Cara mudah adalah kenali dulu kesukaan kita ada di bidang apa, karena hal yang paling mudah kerja sesuai dengan hobi tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga bibit kambing

Kambing merupakan salah satu jenis ternak yang paling banyak diperlihara dari zaman nenek moyang. Tingginya angka permintaan dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini sebanding dengan semakin banyaknya jumlah populasi manusia, sehingga tingkat konsumsi daging kambing juga mengalami peningkatan.

Berbagai macam menu olahan yang tersaji dan memiliki ciri khas dan juga disukai oleh masyarakat mulai dari : sate, gulai, tongseng, tengkleng, sop, dan masih banyak lagi. Ternak kambing tidak sulit dibandingkan dengan ternak sapi yang akan memerlukan jumlah pakan dan kandang yang lebih besar.

Harga bibit kambing di Jogja tahun 2018 ini masih dalam kondisi harga yang bersahabat dengan nilai jual sekitar Rp. 40.000/kg. Yang banyak tersedia adalah jenis kambing kacang. Kambing kacang adalah ras terbaik yang dimiliki Indonesia pada umumnya, dan Jawa Tengah pada khususnya. Kami menyebut Jawa Tengah sebagai tempat yang paling banyak membudidayakan jenis kambing ini.

Pemilihan Bibit Kambing adalah Faktor Terpenting dalam usaha ternak

Bibit kambing adalah faktor yang sangat penting didalam memulai sebuah usaha ternak kambing. Bila bibit kambing kualitasnya jelek, makan produktivitas ternak tetap tidak akan maksimal. Pemilihan bibit untuk ternak tujuannya ingin mendapatkan kambig yang sehat, dan bermutu tinggi.

Berikut estimasi kurang lebih beberapa harga bibit kambing yang ada berdasarkan jenis kambing diantaranya :

  1. Harga bibit kambing kacang jantan untuk usia 3- 5 bulan Rp. 1.000.000
  2. Kambing etawa jantan usia 3 – 5 bulan Rp. 2.000.000
  3. Kambing boer jantan usia 3 – 5 bulan Rp. 3.000.000
  4. Kambing jawarandu jantan usia 3 – 5 bulan Rp. 800.000
  5. Kambing peranakan etawa ( PE ) jantan usia 3 – 5 bulan Rp. 1.000.000
  6. Kambing gibas jantan Rp. 600.000
  7. Kambing boerawa jantan Rp. 800.000

Salah satu contoh paling aman adalah memilih beternak kambing pembibitan. Maksud kami didalam menjalankan bisnis atau memulai dengan peternakan kambing secara kecil – kecilan yang khusus pada usaha pembibitan. Usaha yang mengkhususkan diri pada memperbanyak populasi kambing yang dipeliharanya. Bisa memilih 80 % kambing yang dipelihara betina yang nantinya akan beranak.

baca juga:

Pada umumnya memilih kambing yang berkualitas bisa dilihat berdasarkan keturunan kambing dan secara perabaan fisik dari hewan ternak. Penentuan harga kambing bisa dipengaruhi dari garis keturunan ternak yang mempunyai kualitas baik. Untuk itu pilihlah kambing jantan yang bagus untuk bakalan bibit dengan ciri sebagai berikut :

  1. Bentuk kaki lurus, kuat,normal, dan tumit cukup tinggi
  2. Badan sehat dan tidak cacat
  3. Mempunyai bentuk tubuh panjang, dada melebar,d an bagian tubuh belakang lebih besar
  4. Memiliki bulu halus dan mengkilat
  5. Penampilan gagah, aktif, besar

Kambing kacang mempunyai tekstur daging yang berkualitas. Bentuk daging yang sedikit kenyal tetapi empuk. Akan sangat pas utnuk di sajikan serta diolah dalam bentuk masakan penggugah selera makan. Soal rasa kambing jenis kacang ini juara sekali, karena rasnaya lebih gurih dibanding jenis kambing lainnya.

Harga Bibit Kambing Dipengaruhi Banyak Faktor

Harga bibit kambing bisa ditentukan dengan melihat beberapa alasan tersebut maka kambing kacang sangatlah cocok untuk digunakan sebagai pedaging. Pemilihan bibit kambing yang bagus yang mempunyai kualitas baik, tentunya akan mempengaruhi hasil dalam usaha peternakan.

Pemilihan jenis bibit kambing atau domba sangat menentukan keberhasilan usaha peternakan domba atau kambing. Keberhasilan usaha peternakan sangat ditentukan oleh bibit, pola pemeliharaan dan pakan. Jika berbicara pakan maka perlu pengetahuan yang cukup untuk memebuat komposisi pakan yang bauk dan seimbang.

Perlu usaha untuk mempelajari pakan secara khusus. Apabila peternak mengalami kesulitan membuat campuran pakan yang baik dan bernutrisi tinggi ada baiknya untuk menggunakan pakan ternak instan. Pakan ternak instan ini adalah pakan yang sdh lengkap nutrisinya tinggi.  Pakan ini sudah diteliti dan dibuat oleh ahli Nutrisi Pakan sehingga komposiisnya sudah lengkap dan tidak diragukan lagi kandungan gizinya. Silakan disimak testimoni dari peternak yang sudah menggunakan pakan kami.