Contoh Peternak Kambing Sukses Dengan Omzet Ratusan Juta

Contoh peternak kambing sukses yang ada di Indonesia sudah sangat banyak, dari Sabang sampai Merauke. Kambing merupakan jenis hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat, baik yang berada di kota maupun didesa. Tingginya permintaan akan daging hewan ini yang setiap tahun mengalami peningkatan.

contoh peternak kambing sukses

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah usaha bisnis peternakan terutama kambing, kita perlu memperhatikan jenis kambing apa yang akan dipelihara didekat lokasi tempat tinggal. Hal inii mempunyai tujuan untuk bisa mengetahui tingkat keuntungan dan juga kerugian dalam beternak kambing sesuai dengan lokasi.

Dalam mengelola ternak kambing tidak sesulit seperti memelihara ternak lainnya. Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk pakan kambing, tapi peternak harus mengetahui jenis tanaman apa saja yang paling disukai oleh kambing. Salah satu jenis tanaman tersebut seperti : daun lamtoro, daun turi, dan daun nangka.

Contoh peternak kambing sukses perlu memperhatikan jenis kambing apa yang biasanya banyak dibudidayakan didekat tempat tinggal kita. Hal ini bertujuan bisa mengetahui keuntungan dan kerugian beternak kambing di daerah. Dari tujuan tersebut peternak bisa memaksimalkan potensi kambing yang akan dipelihara untuk diternakan.

Jenis kambing di Indonesia yang paling banyak dibudidayakan seperti :

  1. Kambing peranakan etawa ( PE )

Adalah jenis kambing unggul dari hasil persilangan kambing etawa yang berasal dari India dengan kambing lokal ( kambing kacang ). Tujuannya untuk mendapatkan hasil terbaik dari masing – masing keunggulan. Tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Kambing kacang

Adalah kambing asli dari Indonesia. Penyebarannya juga sudah ada di seluruh daerah di Indonesia.

  1. Kambing Jawarandu

Merupakan jenis kambing keturunan hasil persilangan kambing kacang dan kambing etawa.

  1. Kambing Garut

Adalah jenis kambing atau domba yang berasal dari daerah Limbangan kabupaten Garut. Kambing jenis ini juga hasil persilangan kambing lokal dengan kambing Afrika Selatan.

Peternak Kambing Sukses Dengan Omzet Ratusan Juta

Berbicara  pengusaha yang sukses dalam bidang pennggemukan dan produksi pakan salah satunya adalah Bapak Tekad Urip Pambudi. Bapak Tekad adalah  seorang peternak dari daerah Bogor yang berhasil meraih sukses dari ternak domba, sapi dengan omset Rp. jutaan rupiah pertahun. Awal mula hanya memelihara 7 ekor yang dilakoni sejak 8 tahun yang lalu, dan sudah beranak mencapai 200-300 ekor  domba. Berbekal pengetahuan ilmu Peternakan dan Nutrisi Pakan yang telah ditempuh dari jenjang S1 sampai S3 di Institut Pertanian terkanal di Bogor menjadikan usaha penggemukan yang telah dijalani berkembang dengan cepat. Dari pengalaman ini memberanikan diri untuk mendirikan perusahaan yang bernama PT. Agro Apis Palacio.

Awal mula bapak Tekad hanya fokus mengembangbiakan domba, karena dengan pertimbangan dagingnya lebih gemuk dan cepat panen. Hasil penggemukan ini dijual harian maupun menyedikan kurban pada hari RAya Idul Adha. Sampai sekarang permintaan domba dan kambing sudah cukup banyak. Selain untuk hewan kurban juga banyak dimanfaatkan untuk acara aqiqah kelahiran anak dalam sebuah keluarga.

Contoh peternak kambing sukses dapat menginsirasi peternak lainnnya untuk dapat mencoba berusaha melankah kedalan dunia bisnis peternakan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah manajemen peternakan, manajeman pakan,manajemen keuangan diantaranya  membuat arus kas, dengan beberapa catatan dari mulai pengeluaran biaya kandang, pembelian bibit, biaya pengobatan, biaya karyawan, dll. Tujuan membuat manajemen yang baik agar bisa mengoptimalkan penghasilan dan bisa menekan biaya pengeluara untuk mendapatkan hasil sebesar – besarnya.

Baca juga:

PT. Agro Apis Palacio adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam penggemukan domba, produksi  pakan komplit, konsultan peternakan, konsultan pakan dan mengadakan berbagai pelatihan pelatihan utnuk pengelolaan ternak agar lebih cepat mendapatkan keuntungan.

Saat ini PT Agro Apis Palacio sudah menjalani penggemukan domab kambing dan sapi selama 5 tahunan . Dengan pengalaman dalam menggemukan domba dalam waktu singkat akhirnya menjadikan kami diundang sebagai narasumber diberbagai acara pelatihan.

Sebenarnya yang menjadikan penggemukan ditempat kami berkembang sangat pesat dikarenakan pakan yang kami berikan kepada ternak kami adalah pakan ternak instan. Pakan ini terdiri dari berbagai jenis bahan pakan yang bernutrisi tinggi sehingga sangat membantu dalam penggemukan ternak.

Pakan ternak instan dibuat berdasarkan penelitian yang panjang dan sudah dilalui dari uji coba laboratrium dan dengan pendekatan kelimuan bidang Nutrisi Pakan  dan Peternakan sehingga sangat cocok untuk ternak dan mempercepat penggemukan domba.

Selain pakan untuk penggemukan kami juga menyediakan  pakan untuk ternak perah.

Jika ingin mendapatkan informasi tentang pakan ini bisa menghubungi di nomor 0821-3444-0557.