Cara Sukses Penggemukan Domba Jantan Cepat Panen

Cara sukses penggemukan domba jantan cepat panen. Pakanternakinstan.com . Domba jantan merupakan sebuah usaha yang mempunyai prospek cukup bagus sampai saat ini. Proses penggemukan domba bisa menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa dikembangkan oleh masyarakat, terutama untuk yang berada di daerah pedesaan. Ketersediaan jumlah pakan juga masih sangat besar untuk memelihara ternak.

Penggemukan domba jantan

Hal ini dikarenakan kehadiran domba bisa menggantikan kambing dan juga sapi sebagai penghasil daging sebagai hewan kurban, dan juga aqiqah kelahiran. Usaha penggemukan hewan ternak yang didalam penerapannya sangat mudah dan sederhana, tetapi bisa mendapatkan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Pada umumnya ternak yang digemukkan hanya sapi dan ayam potong saja, tetapi saat ini sudah banyak ternak yang digemukan sepeti domba. Ternak domba saat ini sudah cukup di kenal masyarakat terutama didesa. Ternak domba juga lebih mudah pemeliharaannya dari pada jenis ternak besar seperti sapi, kerbau, dll. Harga ternak juga lebih terjangkau daripada jenis ternak sapi.

Masyarakat di desa memelihara ternak domba yang bisa dijadikans ebagai tabungan untuk keluarga. Hal ini bisa dilakukan apabila mereka memerlukan uang untuk keperluan yang tidak diduga, domba bisa langsung dijual setiap saat. Penggemukan domba mempunyai keuntungan seperti :

  1. Domba mudah berkembangbiak
  2. Domba mudah beradaptasi dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat
  3. Memerlukan modal yang relatif kecil
  4. Bisa mengkonversi bahan pakan dengan kualitas rendah seperti limbah pertanian menjadi produk bergizi tinggi untuk menjadi daging.

Penggemukan domba jantan biasanya dilakukan dengan umur ideal sebelum 1 tahun. Pertimbangan pada usia tersebut pertumbuhan domba sedang mencapai fase pertumbuhan yang cepat. Setelah 1 tahun pemberian pakan akan dikonversikan menjadi lemak yang tidak diharapkan oleh para peternak.

Cara Sukses Penggemukan Domba Jantan Cepat Panen

Domba yang banyak digemukan adalah jenis domba jantan. Domba betina tidak digunakan untuk penggemukan karena bisa mengancam populasi domba dikemudian hari. Hal ini akan berakibat jumlah induk bisa semakin berkurang. Tidak semua domba jantan akan digunakan sebagai pejantan, untuk itu sisanya bisa digunakan untuk penggemukan.

Baca juga:

Fungsi penggemukan kambing jantan karena mempunyai pertambahan bobot badan yang lebih tinggi daripada jenis domba betina karena adanya hormon testosteron yang dimilikinya. Selain faktor keturunan atau faktor genetik domba yang dipelihara ada beberapa faktor lain yang perlu dipelajari.

Kualitas usaha penggemukan domba tidak lepas dari pemberian pakan, dan juga manajemen pemeliharaan.

  1. Pakan

Saat ini sudah banyak jenis pakan untuk ternak domba yang tersedia dipasar. Untuk itu peternak harus memilih jenis pakan yang bermutu, untuk mendapatkan kualitas ternak yang optimal. Jenis pakan untuk domba ada 3 jenis pilihan yaitu :

  • Pakan hijauan

Pakan hijauan ini juga tergantung dari musim dan lokasi dipedesaaan maupun di perkotaan. Ketersediaan pakan hijauan juga minim terutama di daerah Indonesia Timur yang kerap mengalami kekeringan.

  • Pakan Pabrik

Biasanya diolah dari berbagai jenis bahan berkualitas, tetapi harganya juga cukup mahal.

  • Pakan dari olahan sendiri

Peternak bisa menggunakan berbagai jenis formula untuk membuat pakan sendiri. Hal ini juga bisa menekan biaya pakan dengan menjaga mutu pakan itu sendiri. Namun masih perlu proses yang panjang untuk menemukan formulsi pakan yang tepat.

 

  1. Manajemen pemeliharaan

Peternak wajib memperbaiki manajemen pemeliharaan dalam usaha penggemukan menjadi bagian penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penggemukan domba jantan dengan menandai domba yang belum mencapai umur 1 tahun adalah dengan melihat kodisi giginya. Gigi domba akan tanggal saat domba berumur kurang lebih 1 tahun. Untuk itu domba yang akan digemukkan akan dipilih yang giginya belum tanggal. Lingkunagn yang bersih dan aman serta bebas dari penyakit akan membuat domba nyaman hidup dan bisa tumbuh sesuai harapan peternak.

Manajemen peternakan yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan dalam usaha peternakan.  Dalampengelolaan peternakan kambing atau domba hal hal yang dibutuhkan adalah bagaimana mengelola domba agar tetap sehat, menyiapkan kandang yang baik dan nyaman, menyiapkan pakan yang baik dan nutrisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan pakannnya sehingga dapat mempersingkat proses penggemukan.

Berbicara pakan yang tepat sebaiknya menggunakan pakan ternak instan karena nutrisi pakannya sudah sangat seimbang peternak tidak perlu lagi bingung untuk membuat komposisi pakan. Pakan ternak instan sudah banyak dipakai oleh peternak peternak dari berbagai daerah dan mereka merasakan manfaatnya yaitu mereka merasakan bahwa kambingnya cepat gemuk.

Jika ingin mengetahui detail tentang pakan ini bisa menghubungi nomor 0821-3444-0557.