Cara Penggemukan Sapi Lokal Dengan Pemberian Nutrisi Pakan Yang Tepat

Cara Penggemukan Sapi Lokal Dengan Pemberian Nutrisi Pakan Yang Tepat. Pakanternakinstan.com. Cara penggemukan sapi lokal yang akhir – akhir ini banyak dilirik masyarakat. Permintaan daging sapi yang ada di Indonesia setiap hari selalu mengalami peningkatan. Salah satu yang perlu diperhatikan oleh mereka yang akan menggeluti bisnis ternak ini adalah mengenai pakan. Pakan sapi mempunyai banyak peran yang sangat penting dalam keberhasilan penggemukan sapi.

Cara Penggemukan Sapi Lokal

 

Apabila pakan sapi bagus maka keberhasilan dalam bisnis sapi juga akan bagus. Hal lain yang sangat penting untuk diperhatikan selain pakan, juga mengenai pemberian vitamin yang tepat. Terjun dalam bisnis pakan tentu akan ada yang berhasil dan juga mengalami kegagalan. Selama ini kebanyakan usaha penggemukan sapi lokal masih menjadi usaha peternakan rakyat dengan skala usaha kecil.

baca juga:

Penggemukan sapi secara otomatis akan membuat daging sapi semakin berat dan banyak. Oleh sebab itu pemerintah dapat mencukupi tingkat permintaan masyarakat yang semakin tinggi. Semakin majunya teknik penggemukan, maka semakin banyak pebisnis yang beralih menjalankan usaha dengan cara tersebut. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan penyebab rendahnya produktivitas sapi penggemukan karena :

  1. Sapi bakalan yang digunakan belum memanfaatkan sumber daya pakan secara potensial dan seoptimal mungkin.
  2. Dukungan pemberian pakan yang memenuhi standar. Pakan harus dalam kondisi baik dan ekonomis.

Pemilihan sapi bakalan sapi lokal sangat tergantung pada

Pemilihan sapi bakalan sapi lokal sangat tergantung pada : selera peternak, kemampuan modal, sumber daya pakan, dan kondisi pasar. Masing – masing jenis sapi memiliki karakteristik tersendiri, khususnya daya adaptasi terhadap lingkungan, baik pakan juga tatalaksana pemeliharaan. Hasil penelitian dari beberapa kasus yang telah melaporkan bahwa :

  1. Efisiensi sapi jantan memiliki PBBH
  2. Persentasi karkas
  3. Efisiensi pakan yang lebih tinggi
  4. Memiliki persentase lemak yang lebih rendah dibanding dengan sapi betina.

Cara penggemukan sapi lokal untuk proses penggemukan sapi akan berhasil jika pakan dan manajemen ternak bisa dilakukan dengan benar. Pakan yang baik haruslah pakan yang mengandung nutrisi yang cukup, seimbang dan sesuai dengan jenis, tujuan dan umur ternak. Pakan yang baik akan menghasilkan keuntungan maksimal jika didukung oleh manajemen kandang dan ternak yang baik pula.

Umur ideal untuk sapi lokal sebagai bakalan penggemukan sekitar 1,5 – 2,5 tahun. Usia tersebut merupakan pertumbuhan daging yang sangat optimal, dan saat dijual deposit lemak yang ada pada tubuh belum terlalu tinggi. Berikut penilaian kondisi dan bobot tubuh bakalan  yang baik diantaranya :

  1. Kondisi sehat, memiliki mata bersinar, tidak terlelu kurus.
  2. Memiliki badan tinggi, dada juga punggung lebar, dan kapasitas perut juga besar
  3. Diutamakan mempunyai bobot badan lebih dari 260 kg. Harapan bobot kurang lebih 400 kg, dengan lama penggemukan sekitar 5- 6 bulan.

Cara Penggemukan Sapi Lokal Dengan Pemberian Nutrisi Pakan Yang Tepat

Manajemen pakan yang baik berasal dari sumber serat atau hijauan, potensial yang harganya murah dapat diberikan 10 % dari bobot badan. Semakin banyak tersedia hijauan dengan kualitas sedang sampai baik, dengan harga murah. Maka jumlah pemberian hijauan dapat ditingkatkan, dan pakan tambahan dapat dikurangi.

Cara penggemukan sapi lokal semakin rendah kualitas pakan sumber serat, maka dianjurkan jumlah pemberian pakannya semakin sedikit. Penyediaan sumber pakan dari hijauan yang berkualitas, saat musim kemarau lenbih sulit, dibandingkan dengan pemberian pakan konsentrat atau pakan tambahan. Pakan tambahan punya daya simpan lebih lama. Penggunakan konsentrat  diberikan dalam jumlah banyak lebih dianjurkan untuk pengembangan sapi lokal atau sapi potong.

Jika bingung untuk memberikan pakan yang tepat ada baiknya mencoba pakan ternak instan. Kelebihan pakan ternak instan ini karena komposisi pakannya sudah sangat lengkap, nutrisnya lengkap dan terbuat dari bahan baku pakan pilihan  dan sudah diukur komposisinya. Pakan ini sudah banyak digunakan oleh peternak dan menyampaikan bahwa pakan ini mampu menaikkan bobot ternak dengan cepat.

Pakan ini sangat praktis langsung diberikan saja ke ternak tanpa diproses lagi. Keunggulan lainnya pakan ini dapat disimpan sampai waktu 1 tahun sehingga dapat dipastikan ketersediaan stok pakan dan kenaikan bobot pakannya dipastikan bisa naik secara teratur. Pemberian pakan ternak instan ini bisa menjadikan cara penggemukan sapi lokal dengan cepat dan tepat.

Penasaran dengan pakan ini bisa menghubungi di nomor 082134440557.