Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Organik dengan Mudah

Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Organik dengan Mudah

 Hampir semua penduduk desa pada setiap pulau di Indonesia kurang lebih memiliki hewan ternak yang mereka pelihara dengan baik. Pemeliharaan hewan ternak terkadang tidak boleh sembarang. Hewan ternak yang diberikan pakan dengan sembarang tidak akan bisa bertumbuh dengan baik.

 

Cara Membuat Pakan Ternak Kambing Organik
cara pembuatan pakan ternak kambing organik

Berbeda dengan hewan ternak yang diberi pakan yang telah diatur, kebanyakan mereka akan tumbuh dengan baik. Sehingga bagi para peternak haruslah memperhatikan pakan ternak mereka agar hewan ternak mereka dapat tumbuh dengan baik. Pembuatan pakan ternak kambing organik merupakan salah satu solusi yang tepat untuk pemberianpakan hewan ternak yang baik dan berkualitas.

Cara membuat pakan ternak kambing organik ini juga terbilang mudah untuk dilakukan. Pasalnya setiap bahan yang digunakan untuk membuat pakan tersebut berasal dari lingkungan sekitar tempat peternakan. Sehingga pencarian bahan pakan tersebut akan mudah. Selain itu, bahan yang digunakan tersebut merupakan bahan organik sehingga aman jika dikonsumsi oleh hewan ternak. Dengan menggunakan pakan ternak organik tersebut, diharapkan hewan ternak yang dipelihara tersebut dapat tumbuh dengan baik dan berkualitas.

Dengan menggunakan bahan pakan ternak yang organik, diharapkan dapat membantu para peternak hewan untuk bisa mengatur keuangan mereka. Dengan begitu mereka tidak perlu repot lagi ke sana kemari untuk membeli pakan ternak yang biasanya memiliki harga yang mahal. Sehingga para peternak tersebut juga dapat memberikan pakan kepada hewan ternak mereka kapanpun dibutuhkan.

Cara membuat pakan ternak kambing organik dengan mudah ini dapat dilakukan bagi peternak hewan di manapun berada. Karena bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat pakan ternak ini sangat mudah untuk didapatkan.

Berikut ini adalah langkah atau cara membuat pakan ternak kambing organik yang bisa diterapkan:

  • Siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, seperti jerami atau kulit pohon pisang.
  • Setelah semuanya tersedia, cacahlah bahan-bahan tersebut agar nantinya dapat dengan mudah diurai ketika proses fermentasi berlangsung.
  • Sediakan tempat untuk bahan-bahan pakan ternak yang nantinya diaduk dengan merata, usahakan agar tempat tersebut besar agar semua bahan dapat tertampung.
  • Larutkan gula pasir / gula jawa atau tetes tebu dengan air bersih yang ditambahkan dengan cairan prebiotik, kemudian aduklah hingga merata.
  • Tempatkan bahan pakan ternak yang sudah dicacah tersebut ke tempatnya.
  • Tuangkan hasil larutan gula pasir dengan campuran prebiotik tersebut ke dalam bahan.
  • Aduk hingga benar-benar merata agar hasil dari pembuatan pakan ternak tersebut dapat maksimal.
  • Tutuplah tempat yang digunakan untuk membuat pakan ternak tersebut dengan rapat agar udara dari luar tidak masuk.
  • Tunggulah 1 sampai dengan 14 hari tergantung hasil yang diperoleh pada saat fermetnasi. Jika masih kurang, harap tunggu hingga benar-benar sempurna agar nutrisinya tercampur merata.

Itulah tadi cara membuat pakan ternak kambing organik dengan mudah yang dapat diterapkan oleh setiap peternak yang ada di berbagai daerah. Dengan begitu semua peternak dapat memberikan pakan bagi hewan ternak mereka dengan kualitas yang sangat baik. Sehingga hewan ternak yang dipelihara para peternak hewan tersebut dapat tumbuh dengan maksimal dan memiliki kualitas hewan ternak yang sangat baik dan bagus.

Keuntungan lain yang dapat dirasakan para peternak hewan yang menggunakan pakan ternak organik tersebut adalah dapat menghemat biaya pengeluaran untuk membeli pakan di pasaran. Bagi peternak hewan kambing yang menggunakan pakan ternak organik tersebut juga tidak akan bingung jika suatu saat di pasaran kehabisan pakan ternak, karena para peternak tersebut dapat menyimpan pakan ternak organik tersebut dengan waktu yang cukup lama, meminimalkan resiko keselamatan jiwa pada saat mencari pakan hijauan, produktifitasnya lebih meningkat.

Demikian diatas telah dibahas bagaiman cara membuat pakan ternak kambing organik dimana metode ini bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menyediakan pakan ternak. Metode pembuatan pakan alernatif lainnya diantaranya adalah cara membuat pakan fermentasi, fermentasi pakan ternak kambing etawa, bagaimana cara dan usaha penggemukan kambing.

Pakan Ternak Instan Sebagai Bahan Pakan Alterbatif

Berbicara tentang pakan alternatif untuk penggemukan ternak sebaiknya menggunakan pakan ternak instan  dari kami. Pakan  ternak ini terbuat dari bahan pakan ternak yang mempunyai kandungan nutrisi lengkap.  Pakan ternak ini merupakan hasil karya alumni Institut Pertanian Bogor jurusan Nutrisi Pakan Ternak dan tentunya sudah di teliti secara klinis dan sudah terbukti mampu meningkatkan bobot pakan secara cepat dan tentu saja dapat menaikkan nilai jual kambing itu sendiri.

Pakan kami mempunyai keunggulan diantaranya mampu  meningkatkan bobot pakan 120 gr/ hari, praktis mudah penggunaannya, daya simpan sampai 1 tahun, hemat pekerja karena dengan pakan ini praktis pekerja hanya memberikan  pakan ini sesuai dengan ukurannya tanpa sibuk mencari dan menyiapkan pakan pendamping lainnya, komposisinya terukur jadi tidak perlu khawatir lagi kandungan nutrisinya berkurang.

 Untuk mendapatkan informasi seputar pakan ternak instan tersebut silakan menghubungi:

                                                 WA/TLP/SMS: 0821-3444-0557