Tips Mudah Cara Membuat Pakan Sapi Penggemukan

Cara membuat pakan sapi penggemukan bisa dilakukan dalam skala usaha besar maupun kecil yang saat ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Usaha ternak sapi tidak sama dengan pola peternak yang menggunakan pola tradisional, yang menjadikan usaha ternak sebagai usaha sampingan. Harapan semua peternak menginginkan ternak yang dipelihara akan tumbuh gemuk, sehat, dan berkualitas.

Cara membuat pakan sapi penggemukan

Usaha peternakan di Indonesia masih banyak berada di daerah pedesaan daripada diperkotaan, karena lahan yang diperlukan harus luas serta ketersediaan jumlah pangan yang berlimpah di pedesaan. Oleh karena itu penduduk di desa biasanya akan mempunyai bisnis dipeternakan, walaupun masih dalam jumlah atau skala yang kecil maupun pada skala yang besar.

Beberapa peternak mengalami kesulitan didalam menentukan pakan yang tepat / sesuai dengan standart, dan nutrisi yang ada juga komplit. Pada kennyataannya banyak peternak yang mengalami kesulitan diantaranya ketidak cocokan pakan yang diberikan kepada sapi, sehingga hasilny atidak sesuai yang diharapkan. Untuk menghindari hal seperti tersebut maka para peternak harus mau membuka diri dan belajar untuk menemukan pakan yang tepat untuk penggemukan.

Dalam usaha penggemukan sapi perlu memperhatikan hal-hal tersebut , yaitu:
a. Pemilihan lokasi yang tepat
b. Pemilihan bibit yang tepat
c. Cara perawatan yang intensif
d. Management ternak yang baik

Penggemukan sapi yang ada di negara kita selama ini telah memberikan keuntungan yang maksimal untuk pemiliknya. Diperlukan manajemen yang baik untuk bisa terjun ke peternakan. Pemberian pakan untuk penggemukan bisa dilakukan melalui cara fermentasi dengan memanfaatkan limbah yang akan dijadikan bahan makanan utama untuk ternak.

Selain rumput sebagai bahan utama pakan untuk sapi, juga diperlukan bahan tambahan seperti jerami, dan gedebog pisang yang bisa kita proses melalui hasik fermentasi untuk memberikan nutrisi yang berguna sebagai daya tahan tumbuhnya. Penggemukan juga bisa digunakan dengan bahan yang belum umum sehingga bisa kita gunakan dengan jumlah skala besar.

Cara membuat pakan sapi penggemukan bisa dilakukan sendiri oleh para peternak dengan mempersiapkan adanya bahan – bahan yang ada di bawah ini :
a. Mempersiapkan terlebih dahulu drum yang akan digunakan untuk proses pembuatan pakan
b. Menyediakan air sekitar 10 – 15 liter
c. Menyediaka SOC – HCS
d. Siapkan garam
e. Siapkan dedak / bekatul
f. Siaplan gula pasir
g. Mencari gedebog pisang yang sudah disiapkan dengan cara dicacah / dipotong, Taburkan dedak / bekatul dengan cacahan gedebog pisang dan aduk secara merata. Siram gedebog pisang yang telah kita campur dengan bekatul yang telah diaduk hingga merata.
h. Pakan hasil fermentasi telah siap langsung bisa diberikan pada ternak sapi pada pagi dan sore.

Sapi menjadi penghasil utama untuk pupuk organik, seiring dengan semakin banyaknya sayuran dari bahan organik . Limbah dari kotoran sapi bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik yang permintaannya juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Usaha ini akan menjadi peluang untuk membuka bisnis / lapangan kerja baru dengan memanfaatkan sumberdaya lokal.

Baca juga:

Penggemukan sapi dari fermentasi menjadi sangat fenomenal belakangan ini karena banyak memberikan kebaikan yang dirasa olah para peternak. Masyarakat mengenal fermentasi sebagai proses minuman suplemen saja, tetapi bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk pembuatan pakan ternak yang mempunyai kualitas tinggi.

Cara membuat pakan sapi penggemukan yang dapat diproses melalui fermentasi telah memiliki beberapa kelebihan sehingga bisa memperbaiki system pencernaan pada sapi. Daging sapi yang dengan cara penggemukan akan lebih berisi dan rendah kolesterol.

Dalam membuat paka sapi dengan cara fermentasi jika tidak mempunyai pengetahuan yang baik akan mengalami kesulitan bahka kegagalan. Bisa dibayangkan berapa waktu yang terbuang dalam membuat uji coba pakan fermentasi yang tepat. Jika petani mengalami kesulitan dalam meramu pakan pakan yangbtepat ada baiknya untuk menggunakan pakan ternak instan. Kelebihan pakan ini adakah sudah diujicoba secara klinis dan sudah diujikan ke ternak sapi dan domba milik kami dan beberapa klien, sehingga tidak perlu diragukan lagi keunggulan dan hasilnya. Hasil dari pakan ini dapat meningkatkan bobot ternak lebih cepat dibandingkan dengan pakan lainnya, bahkan dapat dipanen dalam waktu yang lebih pendek.

Demikian informasi ini cara membuat pakan sapi penggemukan semoga banyak memberikan manfaat untuk para peternak, jika ingin mendapatkan informasi tentang pakan ternak instan dapat mengubugi di nomor 0821-3444-0557.