Cara Membuat Pakan Modern dan Praktis Agar Cepat Untung

Cara membuat pakan modern dan praktis agar cepat untung. Pakanternakinstan.com. Cara membuat pakan modern yang sudah mulai mengalami perubahan seiring dengan waktu yang berjalan sudah semakin banyak alternatif yang mudah ditemukan untuk memberi pakan pada ternaknya. Kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang banyak diminati dipasaran karena dagingnya, selain daging sapi, dan daging ayam.

Cara membuat pakan modern

Ternak kambing akan membuka peluang untuk mendatangkan sebuah keuntungan besar dalam bisnis ternak yang ada di Indonesia. Berbagai jenis bahan olahan yang dimasak  dengan resep andalan dan warisan dari nenek moyang kita telah mejadi daging kambing banyak diminati dipasaran. Berbagai jenis masakan dari daging kambing seperti : sate, rendang, gulai, tongseng, nasi goreng, dll menjadi suatu hal yang khas dan nikmat untuk disajikan.

Besarnya kebutuhan daging yang semakin meningkat setiap tahunnya, serta jumlah ketersediaan daging yang ada di pasaran yang belum mencukupi kebutuhan menjadi sebuah peluang. Maka pemerintah melakukan import daging dari luar negeri. Kebutuhan daging secara Nasional masih sangat kurang, dengan demikian dengan beternak kambing maupun sapi sangat terbuka lebar.

Pada perkembangan dunia peternakan yang semakin luas dan banyaknya ilmuwan yang mulai menekuni ilmu peternakan, membuat banyaknya bermunculkan peternak peternak modern. Beternak modern yang dimaksudkan adalah beternak dengan menggunakan manajemen peternakan yang baik dimulai dari desain kandangnya, pemilihan pakannya, pola pemeliharaannya dan sebagainya. Pola ternak tradisional mulai dihilangkan sedikit demi sedikit karena pola tradisional sangat lama untuk memperoleh marginnya.

Cara membuat pakan modern tidak akan membuang waktu dan tenaga hanya untuk mencari pakan rumput di perkebunan, waktu bisa kita gunakan untuk hal lainnya yang lebih bermanfaat seperti untuk perawatan untuk meningkatkan hasil produksi. Sebelum memulai usaha ternak kambing yang dilakukan adalah menetapkan tujuan buat apa ternak kambing akan kita jalankan.

baca juga:

Beternak kambing kita harus memperhatikan kualitas dari kandang. Kandang yang kita buat harus memenuhi standar berkualitas terbaik. Kandang akan memudahkan kita dalam melakukan pengawasan terhadap kambing, dan juga dalam pemberian pakan secara aman dan juga nyaman. Salah satu tujuan hasil produksi sudah kita tentukan maka langkah selanjutnya kita harus melakukan persiapan dari awal seperti :

  1. Pembuatan kandang
  2. Pemilihan bibit
  3. Pemberian pakan
  4. Perawatan
  5. Panen

Banyak orang menyadari bahwa proses pemberian pakan melalui fermentasi sangat positif kita berikan pada perkembangan hewan ternak. Alat dan bahan yang diperlukan adalah :

  1. Mempersiapkan alat cacah, bisa juga dengan golok
  2. Gunakan terpal, plastik besar atau tong besar
  3. Gunakan jerami atau gedebok besar
  4. Selanjutnya tetesan gula pasir atau tebu
  5. Suplemen pobiotik, biasanya orang lain menggunakan probiotik SOC – HCS
  6. Air
  7. Bekatul dan juga dedak

Cara pembuatan :

  1. Lakukan cacah jerami / gedebok pisang dengan menggunakan golok maupun alat lain. Bertujuan memudahkan proses tersebut.
  2. Siapkan dengan tempat pembuatan pada terpal, plastik besar dan tong besar.
  3. Larutkan pada gula pasir atau tebu dengan menggunakan air tambahan dengan menggunakan cairan SOC-HCS
  4. Bisa masukan jerami, dedak, atau beatul pada proses pembuatan
  5. Siram bahan yang sudah tersusun rata didalam tempat pembuatan, larutkan juga gula, SOC-HCS yang sudah dilarutkan dengan air.
  6. Aduk semua bahan sampai rata
  7. Setelah diaduk rata, lalu tutup tempat pembuatan dnegan terpal atau alat apa saja menjadi kedap udara.
  8. Setelah semua tertutup, kedap udara maka proses fermentasi itu sedang berlangsung. Tunggu 1 – 14 hari, maka fermentasi dari jerami sudah bisa digunakan. Apabila dengan gedebog pisang maka prosesnya akan lebih cepat.

Cara membuat pakan modern dengan pemberian pakan fermentasi untuk jenis hewan khususnya kambing.

Kami sebagai praktisi peternakan kambing, domba, sapi telah membuat inovasi pakan yang sangat cocok dengan peternakan modern.  Pakan ini sudah kami teliti secara mendalam tidak asal asalan. Pakan yang kami buat sangat praktis, ekonomis untuk diberikan pada ternak modern.

Pakan yang kami buat sudah lengkap nutrisinya  yaitu sudah mengandung karbohidrate, protein, lemak, vitamin dan mineral bahkan serat. Pakan ini tinggal diberikan saja ternak tanpa diolah lagi dan proses lagi. Pakan ini memberikan solusi semakin sulitnya mencari pakan hijauan dan kesulitan membuat formulasi pakan yang tepat. Pakan ini juga terbukti dapat menaikkan bobot ternak dengan cepat, dengan demikian dapat mempersingkat target waktu penggemukan sehingga peternak dapat mendapatkan margin keuntungan lebih cepat.

Jika mendapatkan informasi lebih detail tentang pakan ternak instan ini dapat menghubungi nomor 0821-3444-0557.