Temukan Rahasia Cara Membuat Pakan Kambing Sendiri Yang Mudah

 

Temukan Rahasia Cara Membuat Pakan Kambing Sendiri Yang Mudah. Pakanternakinstan.com. Cara membuat pakan kambing sendiri karena jenis kambing ini sangat digemari di Indonesia. Kambing juga diminati karena kandungan gizi yang mengandung protein didalamnya. Permintaan pasar yang tinggi menyesuaikan dengan tingginya populasi masyarakat di Indonesia. Daging bisa diolah untuk bahan masakan bercitra nusantara, dari mulai sate, gulai, tongseng, dll.

Cara Membuat Pakan Kambing Sendiri

Untuk memenuhi kebutuhan akan daging pemerintah harus melakukan impor daging dari luar negeri. Peluang ini tentunya akan sangat menjanjikan dan terbuka lebar. Usaha peternakan sangat cocok dilakukan untuk bisnis di lokasi seperti dipelosok desa. Cara pemanfaatkan jenis pakan dari  tanaman jerami dan juga rerumputan yang tersedia di lingkungan sekitar.

Saat ini sudah banyak para peternak yang membuka usahanya di perkotaan. Pemberian pakan yang ideal untuk kambing karena merupakan hewan ternak yang mudah dipelihara. Pakan tidak hanya memerlukan rumput maupun tanaman hijau sebagai bahan makanan utama. Pastikan juga pakan telah memenuhi unsur untuk mencukupi akan kebutuhan karbohitdrat, protein, mineral juga vitamin yang diperlukan kambing.

Para peternak telah memformulasikan beberapa bahan untuk meningkatkan pertumbuhan kambing bisa melalui cara :

  1. Fermentasi

Fermentasi pakan merupakan salah satu proses amoniasi pada pakan ternak yang mengandung nutrisi yang ada dari jenis serat atau hijauan, sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Pakan jenis fermentari biasa juga diberikan untuk kambing, sapi dan kerbau.

  1. Konsentrat yang berdasarkan pada jumlah kandungan gizinya, bisa dibedakan menjadi 2 golongan, yaitu sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

Cara membuat pakan kambing sendiri bagi para peternak bisa ditingkatkan pengetahuannya. Sangat penting peternak dibekali dengan pengetahuan dasar yang berhubungan dengan pakan ternak. Pasar ternak yang ada di pasaran harus memenuhi kebutuhan permintaan lokal, regional, dan nasional, dan juga terbuka lebar di lingkungan Asia Tenggara.

Semakin banyak jumlah permintaan hewan ternak seperti kambing di kota maupun di desa, hal ini membuat jumlah ketersediaan kambing akan menjadi meningkat setiap tahun. Untuk pembudidayaan hewan ternak di Indonesia, pada umumnya konsumen regular permintaan daging kambing adalah para pedagang sate.

Baca juga:

Tingkat keberhasilan dalam sebuah usaha peternakan kambing dipengaruhi oleh kualitas pakan. Saat ini asupan pakan mengalami prospek yang juga menjanjikan bila kita akan terjun ke bisnis pakan. Bahan untuk membuat pakan fermentasi dari bahan jerami padi adalah :

  1. Menyediakan tempat untuk fermentasi yang kondisnya bagus
  2. Jenis jerami kering dari dedaunan maupun bahan kering lainnya dipotong – potong dengan ukuran 5 cm.
  3. Berikan larutan tetes dan juga probiotik SOC-HCS dengan air, kemudian satukan dengan bahan – bahan diatas.
  4. Siapkan terbal plastik campur adonan dari jerami dengan campuran tetes SOC-HCS tadi dengan air.
  5. Jerami padi yang sudah terpotong, bisa ditaruh diatas terpal sedikit demi sedikit.
  6. Siram larutan semuanya dengan merata, sehingga jerami akan kelihatan basah.
  7. Jerami yang sudah disiram rata yang sudah dicampur dengan larutan tadi, selanjutnya dimasukkan ke dalam wadah sambil dimasukkan, atau diinjak – injak agar padat.
  8. Setelah padat, wadah di tutup hingga rapat, usahakan udara dipastikan benar – benar kosong.
  9. Diamkan selama 7 hari, agar jerami dapat diberikan untuk ternak kambing. Sesuaikan dengan jenis kebutuhan.
  10. Bila bahan pakan belum habis, bisa ditutup kembali dengan rapat, agar kondisi tetap terjaga dengan baik.
  11. Penempatan silo agar terhindar dari genangan air, panas matahari.

Cara membuat pakan kambing sendiri dengan cara diatas bisa diberikan untuk ternak kambing sebanyak 2 kali sehari, pada siang dan sore hari. Bisa juga dicampur dengan makanan tambahan yang dapat berupa bekatul.

Pakan ternak instan sangat cocok untuk peternakan modern

Kebanyakan peternak memiliki kendala waktu dalam menyiapkan pakan yang berkualitas baik, alhasil pakan yang diberikan ke ternak jauh dari kata baik nutrisinya karena kebanyakan peternak tidak mengetahui jenis pakan mana yang baik dan komposisi seperti apa yang baik utk ternak. Jika peternak mengalami masalah seperti itu sebaiknya kami sarankan untuk memakai pakan yang siap saji dimana pakan ini tinggal diberikan saja ke ternak tanpa pusing lagi utk mencampur pakan tanpa mengolahnya lagi. Pakan yang saat ini mulai marak diberikan ke ternak yaitu pakan ternak instan. Pakan ini merupakan pakan jenis komplit dimana sudah mengandung nutrisi yang lengkap diantaranya serat, vitamin, mineral, probiotik, karbohidrate, lemak protein. Komposisinya sudah sangat terukur sehingga kenaikan berat badan akan berangsur naik secara signifikan.

Cara membuat pakan kambing sendiri
Cara membuat pakan kambing sendiri

Untuk mendapatkan pakan ini cukup mudah dan gampang yaitu tinggal menghubungi nomor 082134440557 pakan akan kami kirim ke tujuan pemesan. Jika anda masih ragu bisa menyaksikan testimoni para pelanggan kami di chanel pakan ternak modern. Semoga informasi ini dapat memberikan informasi tentang pakan ternak untuk sapi, domba, kambing.

Demikian informasi mengenai cara membuat pakan kambing sendiri semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih,