Cara Membuat Pakan Fermentasi Paling Gampang

Cara Membuat Pakan Fermentasi Paling Gampang. Pakanternakinstan.com.    Cara membuat pakan fermentasi untuk sapi yang bisa kita lakukan secara mandiri, dengan menggunakan bahan baku yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Proses pembuatan pakan ternak terutama untuk sapi secara mandiri tentu akan lebih menghemat biaya pengeluaran. Cara pembuatannya juga cukup mudah dan bisa dilakukan semua orang.

Cara membuat pakan fermentasi

Kasus yang sering terjadi adalah adanya ketidak cocokan pakan yang diberikan pada ternak. Hal ini bisa membuat ternak malas makan, badan bisa kurus kering. Untuk itu peternak juga perlu menambahkan vitamin dan juga suplemen yang baik untuk tetap menjaga kondisi ternak agar dapat sembuh dan tumbuh secara sehat. Peluang bisnis pada peternakan sapi dari mulai usaha daging, juga produksi susu dan juga pupuk.

Cara membuat pakan fermentasi untuk sapi agar lebih bernutrisi dan bisa menghasilkan susu dengan kualitas terbaik.

Berikut bahan –bahan yang bisa digunakan untuk membuat pakan fermentasi untuk bisa menjadi alternatif pakan hijauan adalah :

1. Gedebog pisang
Memiliki nutrisi yang sangat banyak sehingga bisa kita gunakan sebagai pakan ternak terutama untuk penggemukan sapi jenis limosin. Nutrisi yang ada pada Gedebok pisang dengan bahan kering sebanyak 87.7 %, lemak kasar 14.3 %, serat kasar 29.40 %, vitamin B, karbohidrat, pati, gula, asam amino, glikosa yangs angat diperlukan untuk pertumbuhan sapi. Cara pembuatannya :
a. Potong atau cacah menjadi kecil – kecil dan tambahkan dengan gula dan SOC bersama 1 liter air.
b. Campurkan cacahan tersebut dengan ampas tahu dan juga bekatul pada wadah yang sudah disediakan dengan laruutan SOC pada pakan.
c. Taburi dengan garam dan aduk secara rata
d. Masukkan pakan tersebut ke dalam drum plastik dan kemudian tutup campuran secara rapat sampai 1 hari. Pakan tersebut bisa diberikan saat pagi dan sore hari.

2. Tongkol Jagung

Tongkol jangung menjadi alternatif pakan sapi yang bisa difermentasikan karena mengandung protein tinggi sebesar 2.94%, selulosa 30%, dan juga lignin 5.2 %. Tongkol jangung awalnya mengandung senyawa beracundan juga nutrisi rendah bisa diatasi. Cara pembuatannya :
a. Potong – potong jagung dan campur dengan tepung geplek sebanyak 4 % dari berat tongkol jangung. Beri tetes tebu atau molasese sebanyak 2 % dar berat tongkol jangung.
b. Aduk hingga menjadi satu, kemudian masukkan pada tong plastik dan tutup rapat
c. Diamkan selama 23 hari dan pakan fermentasi ini sudah siap digunakan

3. Ampas tahu
Bisa dioptimalkan karena mengandung kadar protein yang sangat tinggi, dan harganya juga sangat murah sehingga bisa menekan biaya produksi. Ampas tahu juga bisa mengoptimalkan pertumbuhan sapi, sekaligus proses pemeliharaan yang lebih cepat. Cara pembuatannya adalah :
a. Siapkan 120 kg ampas tahu, 175 kg beatul, 4 liter air yang sudah dicampur dengan 1 liter probiotika cair
b. Campur semua bahan dan cek kaar air dengan mengenggam adonan yang digenggam erat selanjutnya dibuka lagi
c. Bila telapak tangan tidak berair , menandakan takaran air sudah sesuai
d. Masukkan dalam karung kemudian lapisi dnegan plastik tebal yang ditutup rapat
e. Simpan dalam waktu 4 minggu, dan pakan sudah siap untuk digunakan yang awat disimpan hingga 24 jam.

Panduan Cara Membuat Pakan Fermentasi Paling Gampang

 

Cara membuat pakan fermentasi

Cara membuat pakan fermentasi untuk sapi sebenarnya masih banyak lagi bahan – bahan yang bisa digunakan seperti fermentasi jerami, rumput gajah, ampas singkong, kulit kopi, kulit kacang tanah dan juga tepung kembang kol. Semoga penjelasan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk mengatasi kesulitan pakan yang ada di peternakan.

Membuat pakan fermentasi untuk sapi diperlukan pengetahuan yang baik tentang pakan. Jika pengetahuan pakan  sangat sedikit maka perlu dibuatkan mempelajari jenis pakan dan cara pembuatan pakan yang baik dan benar. Bagi peternak yang kurang memahami cara membuat pakan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ada baiknya membeli pakan yang sudah jadi. Pakan yang sudah jadi sudah banyak dijual di toko toko pakan, namun harus memilih diantara beberapa pilihan pakan.

baca juga:

Nah bagi yang kesulitan menentukan pakan yang lengkap nutrisinya ada baiknya memakai pakan ternak instan. Pakan ini konsentrat yang sudah sangat lengkap nutrisinya. Pakan ini sudah mengandung karbohidrate, protein, mineral, lemak, serat jadi sangat memudahkan peternak yang tidak mengetahui ilmu pakan dengan baik. PAkan ini sudah diteliti dilaboratorium IPB sehingga tidak perlu diragukan lagi komposisi dan nutris pakannya.

Untuk mendapatkan pakan bisa menghubungi di nomor 082134440557.

Terima kasih