Cara Memberi Minum Kambing Agar Vitamin dan Suplemen Terpenuhi

Cara memberi minum kambing gar vitamin dan suplemen terpenuhi. Pakanternakinstan.com. – Cara memberi minum kambing karena kebutuhan mineral pada ternak kambing sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan juga menjaga kondisi kambing. Sumber mineral bisa kita dapatkan dari garam dapur maupun bisa dibeli di toko – toko pertanian dan juga peternakan. Berikut cara memberikan minum untuk kambing sebagai berikut :

  1. Persiapkan ruas bambu dengan panjang 40 – 50 cm, selanjutnya kupas kulit luarnya
  2. Pada bagian bawah bambu lubangi kecil – kecil
  3. Masukkan garam dapur maupun mineralke dalam ruas bambu sampai penuh
  4. Masukkan air kurang lebih setengah gelas ke dalam ruas bambu yang sudah terisi dengan garam atau mineral.
  5. Gantungkan bambu pada dinding kandang.

Beternak kambing maupun domba perrlu kita perhatikan tingkat kesehatannya. Hal tersebut menjadi faktor yang sangat penting untuk bisa sukses dalam mengelola usaha peternakannya. Selain pakan air minum juga perlu kita perhatian. Air minum untuk kambing dapat kita berikan pada ternak kambing dengan wadah ember yang bersih dan kita berikan sepanjang hari.

Cara memberi minum kambing

Memahami tingkat kebutuhan air utnuk ternak setiap hari merupakan sebuah kunci ketika kita akan merancang sebuah sistem untuk pemberian minum ternak. Penyediaan air yang mencukupi dan juga berkualitas akan sangat penting dalam sebuah peternakan.

Manfaat air untuk ternak adalah sebagai berikut :

  1. Air bisa membentuk 80% darah
  2. Bisa mengatur suhu tubuh dan juga sangat penting untuk fungsi organ. Fungsi organ seperti membantu pembuangan limbah, pencernaan dan juga penyerapan nutrisi.

Cara memberi minum kambing karena tingkat kebutuhan air setiap hari tidak sama dan bervariasi antara satu hewan dengan hewan lainnya. Ukuran dan tahap pertumbuhan juga akan sangat berpengaruh pada kuatnya tingkat asupan air setiap harinya. Tingkat konsumsi dapat dipengaruhi oleh faktor manajeman dan juga lingkungan. Beberapa contoh faktor lingkungan seperti :

  1. Kelembaban relatif
  2. Suhu udara
  3. Tingkat tenaga hewan atau tingkat produksi
  4. Kualitas pada air seperti suhu, sanitasi dan kotoran dapat mempengaruhi rasa dan juga bau.

Pakan dengan kadar air yang relatif tinggi akan mengurangi kuantitas air minum yang sangat dibutuhkan. Tingkat konsumsi untuk kambing ataupun domba pada musim dingin atau musim hujan akan sangat sedikit. Untuk kambing atau domba pada saat penggemukan dengan sistem penangkaran wajib kita sediakan air setiap saat. Berbeda dengan kambing yang kita gembalakan dan dekat dengan sumber mata air.

Kualitas air juga sangat penting dan penting untuk kita pertimbangkan. Hal ini akan berdampak pada jumlah volume air yang akan dikonsumsi. Apabila air mempunyai bau yang busuk atau tidak sedap, biasanya kambing akan malas untuk meminumnya. Kualiatas air yang buruk menjadi penyebab buruknya kesehatan ternak yang bisa berakibat kematian untuk hewan ternak.

Cara Memberi Minum Kambing Agar Vitamin dan Suplemen Terpenuhi

Kematian pada ternak tentunya tidak diharapkan oleh para peternak dalam berbisnis, akan tetapi hal tersebut bisa saja terjadi. Dalam semua jenis usaha bisa saja ada kemungkinan buruk yang harus siap kita hadapi. Termasuk salah satunya dengan tingkat kematian dalam suatu usaha peternakan. Apabila hewan ternak terlihat tidka sehat, kurang makan, perlu segera kita carikan obat maupun ramuan untuk bisa meningkatkan stamina ternak tersebut.

Baca juga:

Cara memberi minum kambing dengan menggunakan prebiotik SOC merupakan salah satu langkah yang bisa kita berikan. Air yang berkualitas akan mampu membantu menyehatkan hewan ternak, bisa meningkatkan kualitas makan. Untuk itu kita perlu menilai kualitas air yang ada di kedua titik baik di kandang maupun juga pada sumber mata air yang akan kita berikan untuk konsumsi.

Menyiapkan pakan yang baik dan tepat menjadi masalah tersendiri bagi peternak. Jika salah memberikan pakanakan mengakibatkan bberapa penyakit bahkan kematian. Nah disinilah dibutuhkan kejelian dalam membuat ramuan pakan yang tepat.

Cara memberi minum kambing
Cara memberi minum kambing

PakanTernakInstan  solusi pakan nutrisi lengkap

Jika peternak mengalami kesulitan dalam mencari dan membuat pakan  tepat alangkah baiknya memberikan pakan ternak instan. Pakan ternak instan ini merupakan pakan yang sudah  lengkap nutrisinya yaitu terdiri dari komposisi bahan bahan bahan pkan pilihan s  ehingga kulitas pakannya tidak diragukan lagi. Pemberian pekan ini tinggal diberikan saja tanpa perlu diproses lagi, hanya disipakan air minum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air ternak. Jika dengan pakan ternak instan ini cara memberi minum kambing tidak perlu dengan perlakukan khusus cukup diberikan air saja karena vitamin dan mineralnya sudah ada dalam pakan ternak instan.

Semoga penjelasan ini memberikan informasi yang jelas tentang mudahnya beternak. Pakan ternak instan ini memberikan solusi bagi peternak urban farming agar beternak dengan mudah dan praktis. Jika ingin mendapatkan informasi tentang pakan ini bisa menghubungi nomor 082134440557.

Terima kasih