Bahan-Bahan Pakan Ternak Sapi Alternatif Berdasarkan Nutrisinya

Bahan-Bahan Pakan Ternak Sapi Alternatif.  Pakanternakinstan.com. Para peternak sapi sangat bergantung pada kesediaan pakan ternak sapi demi menjaga agar usaha ternak sapi menuai keberhasilan. Para peternak sapi biasanya menggunakan pakan tanaman hijau sebagai jenis pakan utama sapi yang mereka ternakan. Padahal, jumlah tanaman hijau yang berada di lingkungan peternak nantinya akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Para peternak akan kesulitan mendapatkan pakan tanaman hijau di lingkungannya akibat pemanfaatannya yang dilakukan secara terus-menerus.

Guna menindaklanjuti kondisi tersebut, para peternak sapi dapat memanfaatkan pakan ternak sapi alternatif. Pakan sapi alternatif sangat tepat digunakan ketika persediaan pakan tanaman hijau sulit untuk ditemukan. Tidak hanya dapat dijadikan pakan pengganti, pakan sapi alternatif ternyata memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh sapi ternak. Sapi ternak dapat tumbuh dan berkembang dalam waktu lebih cepat jika dibandingkan dengan sapi yang hanya mengkonsumsi tanaman hijau.

pakan ternak sapi alternatif

 

Untuk membuat pakan ternak sapi alternatif, peternak sapi harus memperhatikan kandungan nutrisi yang berada di dalam pakan sapi. Para peternak sapi harus mengetahui perbandingan atau rasio nutrisi bahan-bahan yang akan digunakan sebagai bahan pembuat pakan alternatif. Kadar serat, protein dan lemak harus dibuat dengan perbandingan yang tepat agar pakan alternatif dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sapi sehingga tumbuh kembang sapi tidak terganggu. Guna mengetahui kadar serat, protein dan lemak yang cukup, peternak harus mengatur jumlah bahan pembuat pakan alternatif. Hal tersebut dilakukan karena setiap bahan pembuat pakan alternatif memiliki jumlah kandungan serat, protein dan lemak yang berbeda-beda.

Berikut ini merupakan beberapa jenis bahan berdasarkan dengan sumber nutrisinya:

  1. Sumber protein:
  • Daun pisang
  • Daun ubi jalar
  • Daun nangka
  • Lamtoro
  • Gamal
  • Kaliandra
  • Ganggang
  • Bungkil
  • Sentro
  1. Sumber energi
  • Tanaman umbi-umbian seperti ubi kayu dan ubi jalar.
  • Rumpur serat kasar yang terdiri dari rumput benggala, rumput gajah dan rumput setaria.
  • Biji-bijian seperti gandung, sorgum dan jagung.

Bahan pakan alternatif yang banyak digunakan saat ini adalah jerami. Selain harganya yang sangat bersahabat, jerami juga sangat mudah untuk diperoleh. Tidak hanya itu, kandungan protein, lemak dan serat yang berada di dalam jerami cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sapi peternak. Untuk meningkatkan nutrisi pada jerami, jerami harus mengalami pengolahan terlebih dahulu. Metode fermentasi merupakan metode yang dapat digunakan di dalam pembuatan pakan alternatif dari bahan jerami. Para peternak sapi juga dapat menggunakan konsentrat untuk mengubah jerami menjadi pakan ternak sapi alternatif yang berkualitas baik. Agar pakan ternak alternatif dapat memberikan dampak yang diinginkan, peternak sapi harus pandai-pandai dalam memberikan pakan alternatif.

Baca juga

Mengatur pemberian pakan alternatif menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan oleh peternak agar sapi dapat merasakan dampak dari pakan yang mereka konsumsi. Atur jadwal pemberian pakan secara tepat setiap harinya akan membuat sapi terbiasa mengkonsumsi makanan di jam-jam tertentu. Dengan begitu, sapi nantinya akan memakan makanannya dengan lahap dan pengkonsumsian pakan alternatif akan lebih maksimal. Jika ada pakan alternatif yang tersisa, ambil pakan sehingga sapi akan merasa lapar lagi pada jam pemberian pakan berikutnya. Tidak hanya mengatur waktu pemberian pakan, sapi yang ternak nantinya akan memiliki tubuh dalam kondisi yang baik jika diberikan suplemen. Sapi yang diternak akan selalu berada dalam kondisi yang sehat dan mudah gemuk jika suplemen diberikan dengan dosis yang tepat.

Membicarakan masalah pakan ternak untuk sapi, domba, kambing selalu identik dengan rumput dan dicampur sedikit dedak atau yang lebih bagus lagi dengan konsentrat. Selama ini peternak tidak mengetahui secara pasti tentang komposisi dan kandungan nutrisi setiap pakan. Mereka memberikan pakan sesuai dengan pengalaman para peternak disekitarnya dan bahkan hanya memberikan pakan yang ada disekitar tempat tinggal.

Memberikan pakan dengan kandungan nutrisi yang cukup akanmembantu mempercepat pertumbuhan ternak sehingga waktu pemeliharaan lebih sedikit. Nah dengan demikian akan mendapatkan keuntungan dengan lebih cepat.

 

pakan ternak sapi alternatif

Kami PT. Agro Apis Palacio merupakan produsen pakan telah memformulasikan satu terobosan pakan tanpa mengandalkan bahan hijauan. Bahan pakan ini sudah dianaaisa dan diteliti secara mendalam di laboratorium IPB. Pakan ini mengunakan bahan pakan pilihan yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan pakan tanpa perlu mengarit lagi.

Keunggulan pakan ini diantaranya adalah mampu bertahan lama, kandungan nutrisnya sangat lengkap, pertumbuhan ternak dapat terukur karena komposisi pakannya tidak berubah ubah, mempunyai serat kasar yang cukup, tidak perlu dikombor.

Pakan ini sudah digunakan oleh peternak skala kecil maupun besar baik daerah jawa, luar jawa bahkan luar negeri.

Jika ingin mendpaatkan pakan ini bisa menghubungi di nomor 082134440557.

Terima kasih