Mengenal Jenis Bahan Pakan Ternak Ruminansia

Mengenal Jenis Bahan Pakan Ternak Ruminansia. Pakanternakinstan.com. Bahan pakan ternak ruminansia adalah semua asupan yang bisa dimakan oleh hewan ternak dan tidak menggaggu kesehatannya. Sementara pengertian pakan sendiri adalah segala sesuatu yang bisa kita berikan sebagai sumber energi dan mengandung zat – zat gizi. Istilah pakan juga sering diganti dengan bahan baku pakan.

bahan pakan ternak ruminansia

Pakan yang akan kita diberikan untuk ternak juga harus disesuaikan dengan umur dan juga kondisi hewan ternak. Pakan harus memenuhi tingkat protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Pakan juga harus tidak beracun, mudah dicerna, murah dan mudah didapat, dan disukai oleh hewan ternak.

Ternak ruminansia adalah kelompok ternak yang mempunyai rahang, punya tulang belakang, dan pada bagian alat reproduksinya mempunyai plasenta.

Ternak ruminansia mempunyai 4 bagian perut diantaranya :

  1. Rumen

Adalah bagian perut yang paling depan, dengan kapasitas paling besar. Fungsi rumen adalah sebagai tempat untuk penampungan pakan yang bisa dikonsumsi untuk sementara waktu. Dalam rumen pakan akan tercampur dengan cairan berlendir yang biasa disebut saliva. Selanjutnya setelah beberapa saat pakan ditampung, maka pakan dikembalikan lagi kedalam mulut utnuk dikunyah. Proses seperti ini akan terjadi beberapa kali terutama untuk jenis makanan yang punya konsentrasi serat kasar yang tinggi.

  1. Retikulum

Merupakan bagian dari perut yang mempunyai bentuk permukaan menyerupai sarang tawon yang berstruktur halus dan licin, serta berhubungan langsung dengan rumen.

  1. Omasum

Merupakan bagian dari perut setelah retikulum yang punya bentuk permukaan berlipat – lipat dengan struktur kasar. Bentuk permukaan ini  disesuaikan dengan gerakan peristaltik mempunyai fungsi untuk penggiling makanan yang melewatinya dan berperan untuk menyerap air.

  1. Abomasum

Merupakan bagian perut yang paling terakhir. Pada bagian ini  merupakan perut ternak ruminansia. Pada bagian terakhir ( abomasum ) mempunyai ukuran lebih besar dari ke tiga bagian perut yang lainnya.

Adapun fungsi ke 3 bagian perut yang lainnya ( rumen, retikulum, omasum ) pada hewan ternak ruminansia adalah :

  1. Sebagai alat pencerna mekanis
  2. Penghasil bakteri pencerna serat kasar
  3. Penghasil protein dan asam amino esensial
  4. Pensintesis vitamin B

Bahan pakan ternak ruminansia seperti sapi yang bisa kita jadikan hewan ternak adalah sapi dari jenis pedaging dan sapi perah. Keberhasilan dalam sebuah usaha ternak sapi dapat dipengaruhi oleh kualitas pakan selain dari faktor genetis yang ada dan juga manajeman perusahaan.

Pada umumnya para peternak sapi akan memberikan rumput dari hijauan sebagai pakan ternak yang paling utama. Sebaiknya kita imbangi dengan pakan sapi dari hasil fermentasi. Pakan tambahan yang berasal dari bahan konsentrat karena kebutuhan pakan sapi bisa membantu dan juga menambah gizi serta kandungan nutrisi yang diperlukan oleh sapi.

Bahan pakan ternak ruminansia

Bibit ternak dari jenis unggul hasil seleksi sebaiknya juga diimbangi dengan pemberian makanan yang baik. Bahan pakan yang diproduksi bisa dilakukan secara tunggal dari hasil produksi suatu perusahaan PT, CV, Koperasi dst, yang suah dikemas secara rapi dan baik sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomis.

Baca juga:

Jenis pakan sapi dari rumput yang baik untuk sapi adalah :

  1. Rumput lapangan
  2. Rumput tanaman
  3. Benggala
  4. Tuton
  5. Grinting
  6. Kolonjono
  7. Daun lehuminous

Bahan pakan ternak ruminansia harus mengandung beberapa kandungan seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dll. Bagi setiap peternak tentu akan mengharapkan jika hewan ternaknya akan tumbuh subur, gemuk dan sehat. Disamping itu juga para peternak mengharapkan hewan ternaknya berkualitas. Hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas bahan pakan yang diberikan dengan mempertimbangkan nilai atau segi ekonomis.

Pakan ternak ruminansia yang baik adaah jenis pakan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya serta mudah dicerna. Ternak ruminansia melalui beberapa  tahap pencernaan sehingga harus dapat diciptakan pakan yang mudah dicerna namun nutrisinya harus tetap bagus sesuai dengan kebutuhannya.

Jenis pakan ruminansia yang baik adalah pakan komplit dari pakan ternak instan. Pakan ini sudah sangat komplit nutrisinya karena sudah mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral dan vitamin. Dengan pakan ini dapat memberikan solusi bagi peternak yang mempunyai kesulitan dalam mencari pakan yang bernutrisi tinggi dengan harapan proses penggemukannya lebih singkat. Dengan demikian biaya operasionak dapat ditekan sehingga keuntungannya dapat semakin banyak.

Jika ingin mendapatkan informasi detail tentang pakan ini dapat menhubungi langsung di nomor0821-3444-0557.